PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIB SMPN 7 KOTA BENGKULU

Juliani, Leztia and Irawati , Sri and Aryulina, Diah (2014) PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIIIB SMPN 7 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-les.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-les.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas mengajar guru dan belajar siswa dalam proses pembelajaran biologi dan meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIB SMPN 7 Kota Bengkulu setelah menerapkan perbaikan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan Model Inkuiri. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus, dengan tahap-tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas VIIIB SMPN 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2013/2014. Aktivitas belajar dan mengajar yang akan diteliti adalah aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa pada proses pembelajaran yang menerapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan komponen-komponen penting yaitu kontruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menyelidiki (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection), dan penilaian autentik (authentic assessment) menggunakan sintaks model pembelajaran inkuiri yang diukur dengan melakukan orientasi masalah, membuat hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan membuat kesimpulan, yang akan diukur menggunakan lembar observasi. Dari hasil analisis data hasil observasi, untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 21 (kriteria baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 25 (kriteria baik). Sedangkan untuk aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh skor 19,5 (kriteria cukup) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan skor 24 (kriteria baik). Dari analisis data hasil belajar biologi siswa, pada siklus I dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 51,72% dengan kriteria belum tuntas dan mengalami peningkatan apada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 89,65% dengan kriteria tuntas. Disimpulkan bahwa perbaikan Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan Model Inkuiri dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru dan belajar siswa serta dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa di kelas VIIIB SMPN 7 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 10:58
Last Modified: 09 Sep 2014 10:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item View Item