IDENTIFIKASI STRUKTUR ANATOMI DAUN TANAMAN BERINGIN(Ficus spp) SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DISMPN 1 CURUP

Syafitri , Igga Pharamitha and Yennita , Yennita and Kasrina, Kasrina (2014) IDENTIFIKASI STRUKTUR ANATOMI DAUN TANAMAN BERINGIN(Ficus spp) SERTA IMPLEMENTASINYA PADA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI DISMPN 1 CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-igg.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
Iv,V,LAMP,II-14-igg.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan susunan struktur dan anatomi tiga jenis daun tanaman beringin yaitu Beringin (Ficus benjamina), Bonsai korea (Ficus microcarpa) dan Beringin Epifit (Ficus sagitatta) serta untuk mengembangkan sumber belajar dari hasil penelitian yang akan diimplementasikan pada pembelajaran Biologi SMP dalam bentuk lembar kegiatan siswa (LKS). Penelitian ini terdiri dari dua tahap, pertama pengamatan perbandingan struktur anatomi daun tiga jenis daun tanaman beringin yaitu Beringin (Ficus benjamina), Bonsai korea (Ficus microcarpa) dan Beringin Epifit (Ficus sagitatta). Kedua, implementasi hasil penelitian pada pembelajaran biologi di kelas VIII C SMPN 1 Curup berupa lembar kegiatan siswa (LKS). LKS dibuat berdasarkan hasil penelitian mengenai struktur anatomi daun, divalidasi oleh 2 ahli materi, 1 ahli media dan 2 guru dan diimplementasikan pada pembelajaran untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian memperoleh perbedaan dan persamaan struktur anatomi daun pada tanaman beringin diantaranya terlihat pada; jumlah stomata, letak stomata, posisi stomata, tebal jaringan, serta tipe stomatanya. Uji kelayakan sumberbelajar berupa LKS oleh ahli materi, media, dan guru biologi termasuk dalam “Sangat Layak” dengan skor nilai kelayakan sebesar 4,0. Sedangkan hasil respon siswa rerata skor 4,0 tergolong dalam kategori “Sangat Layak”. Sehingga dari hasil penelitian diperoleh bahwa lembar kegiatan siswa (LKS) layak digunakan sebagai alternative sumber belajar IPA biologi materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII untuk siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 09 Sep 2014 11:21
Last Modified: 09 Sep 2014 11:21
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8386

Actions (login required)

View Item View Item