PEMETAAN KETERPENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA BERBAGAI JENJANG SATUAN PENDIDIKAN ( STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SD/MI, SMP/MTS, DAN SMA/MA KABUPATEN BENGKULU SELATAN )

Soeryanto, Heri and Sasongko, Rambat Nur and Widodo, Slamet (2014) PEMETAAN KETERPENUHAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN PADA BERBAGAI JENJANG SATUAN PENDIDIKAN ( STUDI EVALUATIF IMPLEMENTASI 8 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SD/MI, SMP/MTS, DAN SMA/MA KABUPATEN BENGKULU SELATAN ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-her.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-her.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (18MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah umum yang akan diungkapkan melalui penelitian adalah “Bagai manaka h keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidi kan pada ber bagai jenjang sat uan pendidikan di Kabupaten Bengkulu Selat an ? ”. Dari rumusan masalah umum ini dapat dirumuskan pula secara lebih khusus yang menjadi perhatian peneliti adalah : (1) Apakah pada jenjang satuan pendidikkan SD/MI sudah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan ?, (2) Apakah pada jenjang satuan pendidikan SMP/MTs sudah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan ?, dan (3) Apakah pada jenjang satuan pendidikan SMA/MA sudah memenuhi 8 Standar Nasional pendidikan ? Tujuan umum penelitian adalah untuk mengevaluasi keterpenuhan 8 komponen Standar Nasional Pendidikan pada berbagai jenjang satuan pendidikan di Kabupaten Bengkulu Selatan. Sedangkan tujuan khusus pada masing-masing jenjang satuan pendidikan adalah : (1) untuk mengevaluasi keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan pada jenjang satuan pendidikan SD/MI; (2) untuk mengevaluasi keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan pada jenjang satuan pendidikan SMP/MTs; dan (3) untuk mengevaluasi keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan pada jenjang satuan pendidikan SMA/MA di Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif evaluatif. Desain penelitian yang digunakan adalah metode evaluatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah (key informan) , guru, dan tenaga kependidikan di berbagai jenjang satuan pendidikan. Metode ini merupakan suatu desain Berkenaan dengan teknik sampling yang dipakai dalam penelitian adalah teknik “Clust er Random Sa mpling” . Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analsis data yang digunakan adalah Analisis Evaluatif Kuantitatif, karena untuk mengevaluasi keterpenuhan atau pencapaian Standar Nasional Pendidikan, data-data yang diolah dan dianalisis tersedia dalam bentuk angka-angka. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan pada jenjang satuan pendidikan SD/MI di Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2013 yaitu dari 8 komponen Standar Nasional Pendidikan, 2 (dua) komponen memenuhi standar nasional, yaitu standar kompetensi lulusan dan standar sarana prasarana. Sedangkan komponen standar isi, standar proses, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian belum memenuhi standar nasional pendidikan. Kedua, keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan pada jenjang satuan pendidikan SMP/MTs di Kabupaten Bengkulu Selatan tahun 2013 yaitu dari 8 Standar Nasional Pendidikan, 3 (tiga) komponen yaitu standar isi, standar proses, dan standar penilaian belum memenuhi standar nasional pendidikan. Sedangkan 5 (lima) komponen yaitu standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan sudah memenuhi standar nasional pendidikan. Ketiga, keterpenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan pada jenjang satuan pendidikan SMA/MA di kabupaten Bengkulu Selatan pada tahun 2013 yaitu dari 8 Standar Nasional Pendidikan 3 (tiga) komponen yaitu standar proses, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan belum memenuhi standar nasional pendidikan. Sedangkan 5 (lima) komponen yaitu standar isi, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, dan standar penilaian sudah memenuhi standar nasional pendidikan. Simpulan umum hasil penelitian menunjukkan bahwa pada jenjang satuan pendidikan SD/MI di Kabupaten Bengkulu Selatan belum memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan, karena memperoleh nilai keterpenuhan 69,82 % dengan kri teria “Kura ng Standar.” Pada jenjang satua n pendidi kan SMP/MTs di Kabupaten Bengkulu Selatan telah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan, karena me mperoleh nil ai kete rpenuhan 80,68 % dengan kriteria keterpenuhan “Sta ndar.” Demikian juga pada jenjang satuan pendidikan SMA/MA di Kabupaten Bengkulu Selatan telah memenuhi 8 Standar Nasional Pendidikan, karena memperoleh nilai keterpenuhan 80,67 % denga n kriteria ke terpenuhan “Sta ndar.” Saran penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pada jenjang satuan pendidikan SD/MI antara lain : (1) Pengembangan KTSP sebaiknya dilaksanakan oleh tim pengembang yang melibatkan konselor yang lebih paham terhadap karakteristik peserta didik lagi pula pelaksanaanya akan lebih efektif dan efisien, sehingga akan diperoleh hasil yang lebih baik, (2) Seluruh RPP pembelajaran disusun oleh guru sendiri untuk setiap Kompetensi Dasar yang ada dalam silabus sehingga guru memilki tingkat persiapan mengajar yang lebih baik, (3) Agar memiliki pedoman dan arah yang jelas, maka pelaksanaan pembelajaran guru semuanya harus mengacu pada RPP karena menyangkut keberhasilan pencapaian kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran, (4)Frekuensi pemantauan proses pembelajaran oleh kepala sekolah harus ditingkatkan, supervisi meliputi semua aspek, hasilnya harus disampaikan kepada guru-guru, dan supervisi dilaksankan sampai pada tahap tindak lanjut agar fungsi dan tujuan supervisi mencapai sasaran. Kedua, saran pada jenjang satuan pendidikkan SMP/MTs antara lain : (1) Pengembangan KTSP sebaiknya dilaksanakan oleh tim pengembang yang melibatkan konselor yang lebih paham terhadap karakteristik peserta didik lagipula pelaksanaanya akan lebih efektif dan efisien, sehingga akan diperoleh hasil yang lebih baik, (2) Seluruh RPP pembelajaran disusun oleh guru sendiri untuk setiap Kompetensi Dasar yang ada dalam silabus sehingga guru memilki tingkat persiapan mengajar yang lebih baik, (3) Frekuensi pemantauan proses pembelajaran oleh kepala sekolah harus ditingkatkan, supervisi meliputi semua aspek, hasilnya harus disampaikan kepada guru-guru, dan supervisi dilaksanakan sampai pada tahap tindak lanjut agar fungsi dan tujuan supervisi mencapai sasaran, (4) Bila jumlah peralatan memadai, tingkatkan frekuensi penggunaan TI dalam pembelajaran agar peserta didik lebih termotivasi, inspiratif, aktif, intaraktif, dan menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran. Ketiga, saran pada jenjang satuan pendidikan SMA/MA antara lain (1) Frekuensi dan macam penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur perlu ditingkatkan untuk mambantu siswa agar memiliki tingkat penguasaan kompetensi dasar yang tinggi (tugas rumah, praktik laboratorium, portofolio, dan projek), (2) Frekuensi pemantauan proses pembelajaran oleh kepala sekolah harus ditingkatkan, supervisi meliputi semua aspek, hasilnya harus disampaikan kepada guru-guru, dan supervisi dilaksanakan sampai pada tahap tindak lanjut agar fungsi dan tujuan supervisi mencapai sasaran, (3) Tingkatkan frekuensi penggunaan media dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan serapan materi peserta didik, (4) Apabila jumlahnya sudah memadai, tingkatkan frekuensi penggunaan TI dalam pembelajaran agar peserta didik lebih termotivasi, inspiratif, aktif, intaraktif, dan menyenangkan dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 09 Sep 2014 15:08
Last Modified: 09 Sep 2014 15:08
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8407

Actions (login required)

View Item View Item