AUDIT KINERJA GURU (STUDI DESKRIPTIF EVALUATIF PADA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK SMP NEGERI 7 SELUMA)

Manrizonriadi , Manrizonriadi and Sasongko, Rambat Nur and Zakaria, Zakaria (2014) AUDIT KINERJA GURU (STUDI DESKRIPTIF EVALUATIF PADA GURU BERSERTIFIKAT PENDIDIK SMP NEGERI 7 SELUMA). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-man.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-man.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini bagaimanakah kinerja guru bersertifikat pendidik pada SMP Negeri 7 Seluma? Rumusan khusus penelitian ini: 1) bagaimanakah audit kinerja guru bersertifikat pendidik dalam perencanaan perangkat pembelajaran? 2) bagaimanakah audit kinerja guru bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran? 3) bagaimanakah audit kinerja guru bersertifikat pendidik dalam evaluasi pembelajaran? dan 4) bagaimanakah tindak lanjut dari hasil audit kinerja guru bersertifikat pendidik? Tujuan umum penelitian ini untuk menggambarkan kinerja guru bersertifikat pendidik pada SMP Negeri 7 Seluma. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan: 1) kinerja guru bersertifikat pendidik dalam perencanaan pembelajaran; 2) kinerja guru bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran; 3) kinerja guru bersertifikat pendidik dalam evaluasi pembelajaran; dan 4) tindak lanjut hasil audit kinerja guru bersertifikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini evaluasi. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu : wawancara, dokumentasi, dan observasi, dan angket pemenuhan Standar Nasional Pendidikan. Teknik analisa yang digunakan yaitu secara kuantitatif dan kualitatif. Data primer yang berasal dari lembar observasi diolah secara kuantitatif atau dengan statistik deskriptif, sedangkan data primer yang diperoleh melalui wawancara, studi dokumentasi, dan data sekunder akan diolah secara kualitatif dengan langkah-langkah; ruduksi data, display data, perbandingan data dengan kriteria dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, kinerja guru bersertifikat pendidik dalam perencanaan pembelajaran dilihat dari sudah dilakukannya penyusunan perangkat pembelajaran oleh guru, perangkat yang disusun sudah lengkap dan sudah dipergunakan dalam proses pembelajaran di kelas. Untuk ketersediaan sarana Pembelajaran di SMP Negeri 7 Seluma sudah memadai, mendukung untuk proses pembelajaran serta dipergunakan guru dalam proses pembelajaran. Hasil penilaian terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma dalam perencanaan pembelajaran mendapatkan rata-rata skor yaitu sebesar 18,32 masuk dalam kategori cukup efektif. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma sudah cukup baik kinerjanya dalam perencanaan pembelajaran. Kedua, kinerja guru bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran dilihat dari pemahaman guru terhadap penyelesaian tugas sesuai dengan alokasi waktu mata pelajarannya, memiliki kepatuhan terhadap alokasi waktu yang diberikan, memulai dan mengakhiri pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu mata pelajaran yang diajarkan dan memiliki kelengkapan perangkat pembelajaran, termasuk soal-soal evaluasi, kunci jawaban soal evaluasi, dan pedoman penilaian. Guru bersertifikat pendidik juga sudah memulai pembelajaran dengan melakukan apersepsi dan memiliki penguasan materi pelajaran dan mampu menunjukkannya dalam proses pembelajaran. Hasil penilaian terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma dalam pelaksanaan pembelajaran, didapatkan rata-rata skor kinerja guru sebesar 19,62 masuk dalam kategori Cukup Efektif. Hasil penilaian ini menunjukkan bahwa guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma sudah cukup baik kinerjanya dalam pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, kinerja guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma dalam evaluasi pembelajaran ditunjukkan dengan ketersediaan dokumen penilaian hasil belajar, beragamnya teknik dan metode evaluasi yang dipergunakan serta dilakukannya kegiatan remedial dan tindak lanjut pembelajaran oleh guru. Hasil penilaian yang dilakukan terhadap kinerja guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma dalam evaluasi pembelajaran didapatkan rata-rata skor kinerja guru sebesar 18,03 masuk dalam kategori Cukup Efektif. Hasil ini menunjukkan bahwa guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma sudah cukup baik kinerjanya dalam melakukan evaluasi pembelajaran. Keempat, tindak lanjut hasil audit kinerja guru bersertifikat pendidik di SMP Negeri 7 Seluma ditunjukkan dengan telah dilakukannya penilaian kinerja guru bersertifikat pendidik di sekolah ini. Bentuk dari tindak lanjutnya adalah dengan melaporkan hasil penilaian kinerja guru dalam bentuk laporan bulanan kinerja guru. Pelaporan tersebut berisi tentang identitas guru bersertifikat pendidik dan tempat tugas utama dan tambahan, rekapitulasi kerja utama perminggu, rekapitulasi pemenuhan tugas perminggu dalam satu bulan, dan penilaian kerja dari atasan. Untuk penilaian kerja dari atasan komponennya adalah administrasi, disiplin, dedikasi, kreativitas dan inovasi, dan tanggung jawab. Pelaporan ini sudah menunjukkan profil serta memberikan gambaran tentang kinerja guru bersertifikat pendidik. Hasil dari audit kinerja guru bersertifikat pendidik itu adalah untuk perbaikan untuk perbaikan dan pembinaan kinerja guru dimasa yang akan datang. Simpulan penelitian secara umum berdasarkan audit kinerja guru bersertifikat pendidik menunjukkan bahwa umumnya kinerja guru bersertifikat pendidik pada SMPN 7 Seluma sudah cukup baik dan optimal dilihat dari kinerja guru bersertifikat pendidik dalam perencanaan pembelajaran, kinerja guru bersertifikat pendidik dalam pelaksanaan pembelajaran, kinerja guru bersertifikat pendidik dalam evaluasi pembelajaran serta dari tindak lanjut hasil audit kinerja guru bersertifikat. Saran penelitian ini sebagai berikut: Pertama, institusi pendidikan dalam hal ini SMP Negeri 7 Seluma perlu mengadakan audit kinerja guru bersertifikat pendidik ini secara berkelanjutan yang mengacu pada pelaksanaan tugas pokok dan fungsi guru bersertifikat pendidik di sekolah, sehingga mampu meningkatkan motivasi kerja guru bersertifikat pendidik dan dapat memberikan masukan untuk perencanaan sumber daya manusia guru di SMPN 7 Seluma. Kedua, perlu komitmen dari pimpinan (Kepala Sekolah) dan manajemen sekolah agar dapat dipastikan bahwa guru bersertifikat pendidik telah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, terutama pada pelaksanaan proses pembelajaran di kelas, dan melaksanakan semua tugas dengan penuh secara administrasi, disiplin, dedikasi, kreativitas dan inovasi, dan tanggung jawab. Ketiga, guru bersertifikat pendidik SMPN 7 Seluma harus memahami tugas pokok dan fungsinya, dan meningkatkan kinerjanya. Kinerja guru itu akan nampak pada situasi dan kondisi kerja sehari-hari dalam melaksanakan pembelajaran. Kinerja guru dalam pembelajaran difokuskan kepada perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran. Keempat, sejalan dengan evaluasi kinerja, Kementerian Pendidikan Nasional hendaknya mempertimbangkan agar guru bersertifikat pendidik yang setelah berjalan selama dua tahun ternyata kinerjanya tidak menunjukkan keadaan yang memadai, maka sebaiknya tunjangan profesi pendidik tersebut dicabut, dan dievaluasi kembali dalam tahun berikutnya. Apabila hasil audit menunjukkan kinerja yang memadai maka tunjangan profesi dapatdibayarkan kembali pada tahun berikutnya setelah ada laporan audit yang meyakinkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 11:18
Last Modified: 10 Sep 2014 11:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8425

Actions (login required)

View Item View Item