INOVASI PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 1 KAUR SELATAN)

Susastriani, Susastriani and Zakaria, Zakaria and Juarsa, Osa (2014) INOVASI PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMP NEGERI 1 KAUR SELATAN). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-sus.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-sus.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Inovasi Pengelolaan Kelas di Sekolah Menengah Pertama?”. Masalah tersebut selanjutnya diuraikan dalam lima masalah khusus, yakni bagaimanakah inovasi guru dalam: (1) menata ruang kelas pada saat pembelajaran? (2) mengembangkan hubungan interpersonal yang baik pada saat pembelajaran? (3) menegakkan disiplin siswa pada saat pembelajaran? (4) memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa? dan (5) menangani perilaku siswa yang menyimpang dan bersifat kronis pada saat pembelajaran? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan inovasi pengelolaan kelas di SMP N 1 Kaur Selatan. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang inovasi guru dalam: (1) menata ruang kelas pada saat pembelajaran; (2) mengembangkan hubungan interpersonal yang baik pada saat pembelajaran; (3) menegakkan disiplin siswa pada saat pembelajaran; (4) memberikan hadiah dan hukuman kepada siswa; dan (5) menangani perilaku siswa yang menyimpang dan bersifat kronis pada saat pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 orang guru,10 orang siswa, dan 1 orang kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dideskripsikan atau digambarkan sebagaimana adanya dengan tujuan membuat kesimpulan dengan langkah-langkah sebagai berikut: reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum inovasi pengelolaan kelas di SMP Negeri 1 Kaur Selatan telah dilakukan oleh guru-guru yang inovasinya berupa kelas semakin bersih dan indah, alat-alat pembelajaran tersusun dengan rapi, hubungan interpersonal di dalam kelas semakin harmonis, siswa dan guru semakin disiplin, dan perilaku siswa yang menyimpang semakin berkurang. Secara rinci adalah sebagai berikut. Pertama, inovasi guru dalam menata ruang kelas meliputi penataan tempat duduk siswa yang bervariasi, penataan alat-alat pembelajaran yang teratur dan rapi, dan ruang kelas yang semakin bersih dan indah. Kedua, inovasi guru dalam mengembangkan hubugan interpersonal yang baik dengan cara melakukan pendekatan individu dan kelompok yang didasari komunikasi yang efektif sehingga tercipta hubungan yang harmonis di dalam kelas baik hubungan antar siswa maupun antar siswa dengan guru. Ketiga, inovasi guru dalam menegakkan disiplin siswa dengan cara: memberikan contoh sikap atau perilaku disiplin kepada siswa, melakukan pendekatan secara individu dan kelompok, memberikan bimbingan dan pengarahan kepada siswa, memberikan sanksi atau hukuman yang mendidik, serta melakukan kerja sama dengan guru piket, wali kelas, kepala sekolah, dan guru BK jika kesalahan yang diperbuat siswa sudah berlebihan dan memberlakukan semua siswa secara adil sehingga siswa dan guru di dalam kelas semakin disiplin. Keempat, inovasi guru dalam memberikan hadiah dan hukuman dengan cara memberikan hadiah berupa pujian/sanjungan pada siswa yang menaati tata tertib dan memberikan hukuman yang mendidik pada siswa yang melanggar sehingga menimbulkan motivasi pada semua siswa di dalam kelas. Kelima, inovasi guru dalam menangani perilaku siswa yang menyimpang dan bersifat kronis adalah: melakukan pendekatan dan memberikan bimbingan kepada siswa, bersedia menjadi teman curhat siswa jika siswa sedang mengalami masalah, membantu memecahkan masalah yang dialami siswa, selalu berusaha untuk menegakkan disiplin siswa, memberikan hukuman yang bersifat mendidik pada siswa yang melanggar, memberlakukan siswa secara adil, dan melakukan kerja sama dengan semua pihak di sekolah dan orang tua siswa sehingga perilaku siswa yang menyimpang dari tata tertib semakin berkurang. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa inovasi pengelolaan kelas di SMP N 1 Kaur Selatan telah dilakukan oleh guru-guru. Saran yang ingin peneliti sampaikan sebagai berikut: kepada seluruh orang tua supaya selalu mendidik anaknya dengan membekalinya ilmu agama dan moral serta menanamkan kebiasaan disiplin, kepada semua tenaga pendidik supaya tenaga pendidik supaya benar-benar melaksanakan tugasnya di dalam kelas dengan baik, kepada seluruh Kepala Sekolah untuk melakukan supervisi kelas secara kontinu dan berkelanjutan, dan kepada pemerintah pusat maupun daerah untuk melengkapi sarana prasarana di sekolah secara menyeluruh dan berkeadilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 15:50
Last Modified: 10 Sep 2014 15:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8450

Actions (login required)

View Item View Item