INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 1 UJAN MAS)

Lilian, Vin and Sahono, Bambang and Zakaria, Zakaria (2014) INOVASI MANAJEMEN PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI SMA NEGERI 1 UJAN MAS). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-vin.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-vin.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah umum penelitian ini yaitu; “Bagaimanakah inovasi manajemen pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ujan Mas?” Rumusan umum tersebut dapat dijabarkan dalam rumusan khusus sebagai berikut; (1) bagaimana inovasi pemebelajaran sejarah ?, (2) bagaimana inovasi dalam strategi pembelajaran sejarah?, (3) bagaimana inovasi penggunaan media pembelajaran sejarah?, (4) bagaimana inovasi pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah?, (5) bagaimana inovasi monitoring dan evaluasi pembelajaran sejarah?, (6) bagaimana inovasi tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran sejarah?. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk menegetahui inovasi manajemen pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ujan Mas. Tujuan tersebut selanjutnya dibagi kedalam tujuan khusus, secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendapat deskripsi empirik hasil inovasi manajemen pembelajaran sejarah yang diselenggarakan di SMA Negeri 1 Ujan Mas, khususnya terkait dengan: inovasi perencanaan pembelajaran sejarah, inovasi dalam strategi pembelajaran sejarah, inovasi penggunaan media pembelajaran sejarah, inovasi pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah, inovasi monitoring dan evaluasi pembelajaran sejarah, inovasi tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujan Mas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini tidak ada sampel, namun mengambil subjek secara keseluruhan sesuai dengan tujuan. Pendekatannya adalah kualitatif yang digunakan untuk dapat mendeskripsikan subjek penelitian secara lebih mendalam dan mengetahui fenomena riil yang ada di lapangan. Pemilihan pendekatan penelitian ini didasarkan atas pertimbangan bahwa data yang hendak diungkap adalah data yang menggambarkan peran masing-masing komponen sumber data dan pengelolaannya. Penelitian ini tidak berangkat dari suatu hipotesis yang hendak diuji keberlakuannya atau kecocokannya di lapangan, tetapi yang dilakukan peneliti adalah langsung ke lapangan dan berusaha mengumpulkan data selengkap mungkin sesuai dengan permasalahan yang diteliti dalam situasi yangsesungguhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi manajemen pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujan Mas sudah berjalan yaitu: Pertama, inovasi penyusunan perencanaan pada pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujan Mas nampaknya sudah berjalan, dalam melakukan inovasi perencanaan pembelajaran sejarah guru sudah membuat perencanaan pembelajaran baik penyususnan silabus, tujuan pembelajaran, materi atau isi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan belajar mengajar, media pembelajaran yang digunakan dan evaluasi belajar sudah disusun sesuai Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses, serta disesuaikan dengan kondisi di sekolah. Kedua, inovasi dalam strategi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ujan Mas, dimana guru sudah melakukan inovasi strategi pembelajaran, baik inovasi pendekatan belajar, inovasi proses pembelajaran, inovasi suasana kelas, inovasi metode pembelajaran, maupun inovasi kondisi siswa dalam kelas. Serta sudah ada informasi tentang model-model inovasi pemebelajaran sejarah inovatif yang sudah ada, sehingga dalam setiap pemebelajaran sejarah guru bisa menggunakan metode pembelajaran yang inovatif, yang bisa menumbuhkan minat dan kemauan siswa dalam mempelajari mata pelajaran sejarah yang mereka anggap sulit. Ketiga, di SMA Negeri 1 Ujan Mas berdasarkan hasil penelitian ternyata pada inovasi penggunaan media pembelajaran sejarah, guru sudah melakukan inovasi pada penggunaan media pembelajaran yang sebelumnya guru-guru belum menggunakan berbagai media tersebut. Namun penggunaan media tersebut masih terbatas, khususnya pengguna multi media, karena fasilitas yang ada di sekolah masih kurang memadai, pada penggunaan media ini kerapkali terabaikan dengan berbagai alasan seperti, terbatasnya waktu untuk membuat persiapan mengajar, sulit mencari media yang tepat, biaya tidak tersedia dan sejumlah alasan lain.Alasan-alasan tersebut sebenarnya tidak perlu muncul, karena ada banyak jrnis sumber dan media yang dapat digunakan, disesuaikan dengan kondisi waktu, keuangan maupun materi yang akan disampaikan. Keempat, inovasi pengelolaan kelas pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ujan Mas sudah berjalan walaupun dalam bentuk yang masih sederhana dan disesuaikan dengan sarana kelas yang ada, inovasi tersebut diantaranya guru sejarah pada saat materi yang diajarakan bisa menggunakan metode diskusi, maka bentuk susunan meja dan kursi yang ada di kelas dirubah dalam bentuk kelompok-kelompok belajar. Kelima, inovasi monitoring dan evaluasi pembelajaran sejarah yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ujan Mas berdasarkan penelitian dari hasil wawancara dan angket sudah terlihat adanya inovasi monitoring dan evaluasi pembelajaran. Diantaranya inovasi pada evaluasi belajar, adanya penilaian terhadap berbagai aspek seperti tugas terstruktur, aktivitas siswa dikelas, dan portofolio, guru sudah menerapkan bebagai teknik evaluasi, guru engembalikan hasil pekerjaan siswa, serta guru sudah menyusun utir-butir soal. Keenam, di SMA Negeri 1 Ujan Mas dalam pelaksanaan inovasi tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran sejarah sudah berjalan sebagaimana mestinya, karena guru sudah melakukan hasilanalisi ulangan untuk perbaikan belanjutnya. sudah menggunakan data kesulitan siswa untuk penyesuaian dalam strategi pembelajaran, dan guru sudah memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran lebih lanjut sehingga dapat diketahui apa bentuk soal yang disenangi siswa. Simpulan penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan inovasi manajemen pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ujan Mas sudah dilakukan oleh guru yang mengajar di sekolah tersebut, baik inovasi perencanaan pembelajaran, inovasi strategi pembelajaran, inovasi pada penggunaan media pembelajaran, inovasi pengelolaan kelas, inovasi monitoring dan evaluasi serta inovasi aspek tindak lanjut hasil evaluasi, yang disesuaikan dengan kondisi dan keadaan sekolah. Saran dan tindak lanjut dari penelitian, mengenai pelaksanaan inovasi pembelajaran sejarah, maka seorang guru akan memilki wawasan yang selalu bertambah dalam membuat suatu perencanaan pembelajaran, sedangkan strategi pembelajaran sejarah akan membuat keberhasilan dalam pembelajaran sejarah, karena inovasi dalam strategi pembelajaran sejarah akan selalu menciptakan sesuatu yang lebih menarik, dan mudah dimengerti. Sehingga akan membentuk siswa yang berkompeten dan yang memiliki kreativitas yang tinggi. Dengan adanya inovasi penggunaan media pembelajaran sejarah maka akan menciptakan suasana belajar yang lebih efektif, yaitu dengan menerapkan media TIK. Dalam pelaksanaan inovasi tindak lanjut hasil evaluasi pembelajaran sejarah seharusnya menyiapkan suatu alat evaluasi untuk mengukur ketercapaian tujuan/indikator yang telah dirancang pada saat persiapan. Alat evaluasi ini sebelum digunakan perlu divalidasi sehingga alat evaluasi tersebut benar-benar mengukur apa yang seharusnya diukur. Setelah divalidasi, alat evaluasi ini perlu diujicobakan kepada siswa yang telah mengikuti pembelajaran materi yang bersangkutan. Uji coba ini dilakukan untuk mengetahui reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran alat evaluasi tersebut

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 11 Sep 2014 09:40
Last Modified: 11 Sep 2014 09:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8455

Actions (login required)

View Item View Item