PENERAPAN MODEL SSCS (Search, Solve, Create, Share) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA1 SMAN 4 KOTA BENGKULU

Syaputra, Meky and Connie, Connie and Sutarno , Sutarno (2014) PENERAPAN MODEL SSCS (Search, Solve, Create, Share) DENGAN METODE EKSPERIMEN PADA KONSEP FLUIDA STATIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI IPA1 SMAN 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mek.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mek.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini telah dilakukan pada siswa kelas XI IPA 1 SMAN 4 Kota Bengkulu sebanyak 34 orang yang bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran melalui penerapan model SSCS dengan metode eksperimen; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran melalui penerapan model SSCS dengan metode eksperimen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilkasanakan dalam tiga siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa bahwa pada siklus I skor rata-rata sebesar 26,5 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II sebesar 30 dengan kategori baik, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 34 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa siklus I pada aspek kognitif diperoleh rata-rata 79,6 meningkat untuk siklus II menjadi 84,2 dan 89,5 untuk siklus III. Hasil belajar pada aspek psikomotor siswa untuk siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 9,8 meningkat untuk siklus II menjadi 10,4 dan 10, 7 pada siklus III. Hasil belajar pada aspek afektif siswa diperoleh skor rata-rata 9,85 meningkat menjdi 10,3 untuk siklus II dan 10,7 pada siklus III. Daya serap siswa siklus I 79,6% meningkat pada siklus II menjadi 84,2% dan 89,5% pada siklus III. Adapun ketuntasan belajar klasikal siswa siklus I sebesar 79,4% meningkat pada siklus II 91,2% dan 100% pada siklus III. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model SSCS dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 11 Sep 2014 14:58
Last Modified: 11 Sep 2014 14:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8461

Actions (login required)

View Item View Item