Mandasari, Ira and Sasongko, Rambat Nur and Somantri, Manap (2014) EFEKTIVITAS PROGRAM AKSELERASI (STUDI EVALUATIF DI SMP NEGERI 1 ARGAMAKMUR). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-ira.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (12MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-ira.FI.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (12MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah: “Apakah program akselerasi di SMP Negeri 1 Argamakmur berjalan dengan efektif”. Permasalahan ini difokuskan pada efektivitas program akselerasi yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan hasil dari program akselerasi. Tujuan umun pada penelitian ini adalah mengevaluasi efektivitas program akselerasi di SMP Negeri 1 Argamakmur. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi : pertama mengevaluasi efektivitas perencanaan akselerasi SMP Negeri 1 Argamakmur yang meliputi perencanaan kurikulum, perencanaan pengelolaan peserta didik, perencanaan penyediaan guru, perencanaan sarana dan prasarana, dan perencanaan biaya program akselerasi; kedua mengevaluasi pelaksanaan program akselerasi di SMP Negeri 1 Argamakmur yang meliputi pelaksanaan kurikulum, pelaksanaan seleksi peserta didik, pelaksanaan penyediaan dan pembinaan guru, pelaksanaan pemanfaatan sarana dan prasarana, dan pelaksanaan pengelolaan biaya program akselerasi; ketiga mengevaluasi pengawasan program akselerasi di SMP Negeri 1 Argamakmur; keempat mengevaluasi hasil program akselerasi SMP Negeri 1 Argamakmur. Penelitian ini menggunakna metode evaluatif yang dimaksudkan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan suatu program, apakah tercapai atau tidak, layak atau tidak, efektif atau tidak dan sebagainya. Hasil dari evaluatif ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan tindak lanjut dari program serta membantu para pemimpin dalam menentukan kebijakan. Subjek penelitian ini adalah: kepala sekolah dan koordinator program akselerasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan : pertama perencanaan yang dilakukan oleh pihak sekolah untuk mengadakan program akselerasi mulai dari kurikulum yang akan digunakan, proses rekrutmen dan seleksi siswa dan guru, pembiayaan, sarana dan prasarana yang digunakan pada program akselerasi sudah sesuai dengan standar yang ada pada Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan Bagi Peserta Didik Cerdas Istimewa Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa. Maksudnya adalah perencanaan kurikulum sudah mengalami pengembangan yaitu kurikulum berdiferensiasi. Kurikulum diferensiasi diberikan bagi siswa cerdas istimewa dapat dilakukan melalui 3 cara yaitu, enrichment (pengayaan), extension (pendalama), dan acceleration (percepatan). Pada proses rekrutmen dan seleksi siswa direncanakan melalui 3 tahapan yaitu tes administrasi, psikotes dan wawancara. Pada proses seleksi guru juga direncanakan untuk sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan dalam buku pedoman penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik cerdas istimewa. Perencanaan pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan musyawarah dengan orang tua siswa, begitu juga dengan perencanaan pembiayaan program akselerasi ini. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan program akselerasi ini sudah cukup efektif.; kedua pelaksanaan program akselerasi ini sesuai dengan apa yang telah direncanakan, tidak ada penyimpangan yang terjadi pada pelaksanaan pada program akselerasi SMP Negeri 1 Argamakmur, pelaksanaan program akselerasi ini di SMP Negeri 1 Argamakmur dikategorikan efektif karena semua sudah sesuai dengan pedoman penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik cerdas istimewa; ketiga pengawasan program akselerasi dilakukan oleh Dit PSLB Ditjen Mandikdasmen, Dinas Pendidikan provinsi,dan Dinas Pendidikan Kabupaten. Selain itu komite dan orang tua murid juga memegang peranan penting dalam pengawasan program akselerasi, hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan kesalahan yang terjadi pada pelaksanaan program ini; keempat hasil dari program akselerasi ini sudah cukup efektif dan alumni program akselerasi ini mampu bersaing dengan siswa-siswa lain untuk mengikuti tes masuk di sekolah menengah atas favorit yang mereka inginkan, selain itu para alumni program akselerasi ini juga banyak yang memperoleh prestasi baik dari segi akademik maupun non akademiknya. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa program akselerasi SMP Negeri 1 Argamakmur berada pada posisi efektif karena program akselerasi ini sudah sesuai dengan kriteria yang terdapat dalam pedoman penyelenggaraan pendidikan untuk peserta didik cerdas istimewa dari Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Tahun 2009. Berdasaran hasil penelitian tersebut disarankan Pertama berkaitan dengan perencanaan program akselerasi perlu ditingkatkan lagi agar perencanaan menjadi lebih matang, dan perencanaaan program akselerasi mandapatkan bantuan dari pihak Dinas Pendidikan agar nantinya pada pelaksanaan tidak terjadi kesalahan yang tidak diinginkan. kedua untuk pelaksanaan program akselerasi sebagai bentuk pelayanan pendidikan bagi siswa yang memiliki kecerdasan istimewa hendaknya dikelola secara lebih efektif lagi tetapi tidak menimbulkan kesan eksklusif yang nantinya justru menyebabkan kesenjangan dilingkungan sekolah, ketiga pengawasan yang dilakukan oleh pihak terkait hendaknya dilakukan lebih intensif lagi, karena pengawasan bukan saja kegiatan untuk mengontrol tetapi juga mmemberikan saran, kritik, arahan yang sangat berpengaruh terhadap hasil nantinya, keempat penyelenggara program akselerasi hendaknya menyusun atau merancang draft penilaian khusus untuk mengukur pencapaian harapan terhadap out put program akselerasi, baik yang menyangkut prestasi akademik maupun prestasi non akademik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 15 Sep 2014 08:40 |
Last Modified: | 15 Sep 2014 08:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8482 |
Actions (login required)
View Item |