PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ANAK PADA PAUD LUBUK PUDING KECAMATAN PINO

Miarni, Miarni and Lusa , Herman and Purwadi, Agus Joko (2014) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER ANAK PADA PAUD LUBUK PUDING KECAMATAN PINO. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mia-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mia-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian secara umum adalah untuk meningkatkan karakter anak melalui penerapan metode bercerita di Kelompok Bermain Lubuk Puding Kecamatan Pino.Tujuan khusus penelitian adalah Untuk meningkatkan nilai karakter menghormati dan sopan santun pada anak.Untuk meningkatkan nilai karakter rasa percaya diri pada anak. Untuk meningkatkan nilai karakter bertanggung jawab pada anak. Metode penelitian adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dalam 2 siklus.Subjek penelitian adalah anak kelompok bermain PAUD Lubuk Puding berjumlah 15 orang.Alat pengumpulan data yaitu dengan menggunakan lembar observasi kegiatan anak dan guru. Teknik analisa data yaitu teknik statistik deskriptif, dengan persentase dan rata-rata kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai karakter menghormati dan sopan santun dapat meningkatkan melalui metode bercerita, ini dibuktikan dengan adanya peningkatan karakter anak siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 48%, pada siklus II sudah mencapai 82,7%. Nilai karakter percaya diri dapat meningkatkan melalui metode bercerita, ini dibuktikan peningkatan karakter anak pada siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 44%, pada siklus II sudah mencapai 84%. Nilai karakter tanggung jawab dapat meningkatkan melalui metode bercerita, ini dibuktikan peningkatan karakter anak pada siklus I dengan katagori nilai baik baru mencapai 44%, pada siklus II sudah mencapai 81,3%, Kesimpulannya adalah Penerapan Metode bercerita dapat meningkatkan karakter anak pada PAUD Lubuk Puding Kecamatan Pino.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 16 Sep 2014 15:10
Last Modified: 16 Sep 2014 15:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8529

Actions (login required)

View Item View Item