Sulistia, Ayati and Suratman, Asep and Yulidesni, Yulidesni (2014) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK MELALUI BERNYANYI SAMBIL MENARI DENGAN DI IRINGI IRAMA MUSIK PADA ANAK KELOMPOK B PAUD AL-AZHAR KOTA MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-aya-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (36MB) | Preview |
|
|
Text
IV,V,LAMP,I-14-aya-FK.pdf Download (36MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berdasarkan pengamatan peneliti sebagian besar kemampuan kinestetik anak masih kurang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah melalui bernyanyi sambil menari dapat meningkatkan kemampuan kinestetik pada anak. Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini yaitu: untuk mengetahui apakah melalui bernyanyi sambil menari dapat meningkatkan kemampuan kinestetik pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, refleksi, yang menunjukan pengumpulan data dengan teknik observasi, VCD dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah teknik persentase. Subjek penelitian berjumlah 13 anak. Pada siklus 1 keberhasilannya menunjukan aspek kebenaran gerakan anak pada saat latihan bernyanyi sambil menari tanpa diiringi musik kriteria sangat baik 7 orang anak (53,85%), kreteria baik 4 orang anak (30,77%), kriteria sedang 2 orang anak (15,38%), aspek keseriusan anak dalam mengikuti gerakan irama musik mendapat kriteria sangat baik 8 orang anak (61,54%), kriteria baik 3 orang anak (23,08%), kriteria sedang 2 orang anak (15,38%). Kelincahan anak dalam mengikuti gerakan lagu yang dinyanyikan mendapat kriteria sangat baik 7 orang anak (53,85%), kriteria baik 3 orang anak (23,08%), kriteria sedang 5 orang anak (38,4%) dan kriteria kurang 1 orang (7,69%). Pada siklus 2 keberhasilannya menunjukan aspek kebenaran gerakan anak pada saat latihan bernyanyi sambil menari dengan diiringi musik kriteria sangat baik 11 orang anak (84,61%), kriteria baik 2 orang anak (15,3%), aspek keseriusan anak dalam mengikuti gerakan irama musik mendapat kriteria sangat baik 12 orang anak (92,31%), kriteria baik 1 orang anak (7,69%). Kelincahan anak dalam mengikuti gerakan lagu yang dinyanyikan mendapat kriteria sangat baik 11 orang anak (84,62%), kriteria baik 2 orang anak (15,38%). Maka dapat disimpulkan melalui bernyanyi sambil menari dengan diiringi music dapat meningkatkan kemampuan kinestitek anak. Di sarankan kepada guru bahwa bernyanyi sambil menari dapat dijadikan alternatife dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2014 15:56 |
Last Modified: | 17 Sep 2014 15:56 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8554 |
Actions (login required)
View Item |