PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU IQRA KOTA BENGKULU

Hartawaty, Rili and Safnil, Safnil and Suhartono, Suhartono (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU IQRA KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-ril.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-ril.FI.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui problematika pembelajaran yang dihadapi guru dalam penulisan puisi pada siswa kelas VII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu khususnya pada perencaaan, pelaksanaan dan penilaian dan untuk mengetahui problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran menulis puisi di kelas VII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu khususnya yaitu tema, diksi/pilihan kata, gaya bahasa dan makna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang berupa puisi siswa kelas VII berupa dokumen, hasil wawancara baik dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia maupun dengan siswa yang belajar materi menulis puisi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah pentranskripsian data, penyelesian data, klasifikasi data dan penyimpulan data. Hasil penelitian bahwa problematika pembelajaran menulis puisi adalah :1).Problematika guru dalam pembelajaran menulis puisi bahwa (a) guru belum membuat perencanaan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran, (b) dalam pelaksanaan pembelajaran guru masih mengalami kesulitan memilih metode pengajaran yang sesuai kebutuhan, dan (c) dalam penilaian pembelajaran menulis guru belum melakukan penilaian yang sesuai kebutuhan siswa. 2). Problematika siswa SMPIT Iqra Kota Bengkulu pada pembelajaran menulis puisi bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami komponen menulis puisi mencakup tema, pilihan kata, gaya bahasa, dan makna

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Sep 2014 09:49
Last Modified: 24 Nov 2014 19:33
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8567

Actions (login required)

View Item View Item