PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI JEJARING SOSIAL FACEBOOK SISWA KELAS XI TKJ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/2013

Marantika, Riky and Susetyo, Susetyo and Utomo, Padi (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI MELALUI JEJARING SOSIAL FACEBOOK SISWA KELAS XI TKJ SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 3 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-rik-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
V,V,LAMP,I-14-rik-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana proses Peningkatan kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Jejaring Sosial Facebook Siswa Kelas XI TKJ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI TKJ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 36 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, yang masing-masing terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Hasil penelitian tindakan kelas siklus I menunjukan, ketuntasan belajar sebesar 54,29%, berarti pada siklus I siswa belum mencapai ketuntasan klasikal yang ditetapkan (75%), hal ini karena masih ada siswa yang kurang fokus karena dan cendrung asyik bermain facebook sendiri . Pada siklus II, guru memberikan penekanan untuk lebih fokus dalam Menulis Paragraf Argumentasi Melalui Jejaring Sosial Facebook, Sehingga pada siklus II ketuntasan klasikal menjadi 83,33%. Nilai rata-rata prestasi belajar pada siklus I 69,19% pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 78,94%. Daya serap klasikal juga mengalami peningkatan yaitu dari 69,19% menjadi 78,94%. Peningkatan ini tampak dari proses pembelajaran dan aktivitas kegiatan siswa yang lebih aktif, fokus dan lebih bersemangat. Dengan demikian, dapat disimpulkan dengan pembelajaran melalui Jejaring Sosial Facebook guru dapat mengkondisikan kelas dengan baik lisan maupun online, siswa lebih leluasa dengan fasilitas facebook tanpa merasa takut serta siswa lebih bersemangat dalam memberikan ide maupun gagasan secara aktif dalam media tulisan menggunakan facebook.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 23 Sep 2014 16:02
Last Modified: 23 Sep 2014 16:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8584

Actions (login required)

View Item View Item