PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE BOLA SALJU BERGELINDING (SNOWBALL DRILLING) SISWA KELAS VIII-I SMPN 2 KOTA BENGKULU

Seles, Susi and Utomo, Padi and Yulistio, Didi (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI PENGGUNAAN METODE BOLA SALJU BERGELINDING (SNOWBALL DRILLING) SISWA KELAS VIII-I SMPN 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-sus-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan metode snowball drilling siswa kelas VIII-I SMPN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMPN 2 kota Bengkulu. Tempat dan waktu penelitian tindakan kelas (PTK) ini di kelas VIII-I SMPN 2 Kota Bengkulu dan pada saat jam pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu Sabtu, 18 Januari 2014 dan Senin, 20 Januari 2014. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah teknik tes dan teknik observasi untuk mengetahui nilai rata-rata, daya serap, dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata meningkat, yaitu pada siklus 1 nilai rata-rata 72,66, daya serap siswa 72,66% ketuntasan belajar siswa 43,75% dan pada siklus II nilai rata-rata 91,41, daya serap siswa 91,41%, ketuntasan belajar siswa 93,8%. Metode bola salju bergelinding (snowball drilling) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, semangat yang tinggi, dan motivasi besar yang timbul pada siswa pada saat mengikuti pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada keterampilan membaca pemahaman dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-I SMPN Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 24 Sep 2014 10:26
Last Modified: 24 Sep 2014 10:26
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8589

Actions (login required)

View Item View Item