Azwar, Prisma Gita and Swistoro, Eko and Hamdani, Dedy (2014) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG DIAJARKAN DENGAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERBASIS EKSPERIMEN DAN DEMONSTRASI PADA KONSEP KALOR DI KELAS VII SMPN 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-pri-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-pri-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solving berbasis eksperimen dan siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode problem solving dengan demonstrasi serta untuk mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap metode pembelajaran problem solving. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment Research dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan populasi siswa kelas VII di SMPN 5 Kota Bengkulu. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh kelas VII.C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan kelas VII.G sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang siswa. Pengambilan data penelitian dengan menggunakan angket tanggapan siswa (10 butir) dan tes hasil belajar kognitif berupa soal uraian (5 butir) setiap pertemuannya pada konsep kalor. Berdasarkan hasil analisis data dan persentase untuk tanggapan siswa diperoleh tanggapan yang sangat baik terhadap metode pembelajaran problem solving pada konsep kalor yakni kelas eksperimen persentase rata-rata tanggapan siswanya adalah 83,17% dan kelas kontrol 80,89%. Analisis data menggunakan Uji-t dua sampel independen, diperoleh hasil nilai rata-rata N-gain kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata N-gain kelas kontrol dengan thitung 3,18 > ttabel 2,01 pada taraf signifikan 95% dan diperoleh hasil nilai rata-rata posttestkelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan nilai rata-rata posttest kelas kontrol dengan thitung 2,06 > ttabel 2,01 pada taraf signifikan 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan dan perbedaan hasil belajar kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode problem solving berbasis eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yang diajarkan dengan metode problem solving dengan demonstrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 26 Sep 2014 09:57 |
Last Modified: | 26 Sep 2014 09:57 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8612 |
Actions (login required)
View Item |