PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SENYAWA TURUNAN ALKANA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOLYMOD PELAMPUNG PANCING

Wiranata, Winda and Amrul, Bahar and Handayani, Dewi (2014) PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STRUCTURED DYADIC METHODS (SDM) DAN TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SENYAWA TURUNAN ALKANA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN MOLYMOD PELAMPUNG PANCING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,I-14-win-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-win-FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa pada materi senyawa turunan alkana menggunakan media pembelajaran molymod pelampung pancing dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM) dan tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kota Bengkulu dengan dua kelas eksperimen, yaitu kelas XII IPA I yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM) dan kelas XII IPA II yang diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Berdasarkan nilai postest siswa kedua kelas eksperimen pada pertemuan pertama maupun kedua, terlihat bahwa hasil belajar kognitif siswa pada kelas eksperimen II lebih baik dibandingkan kelas eksperimen I. Nilai rata-rata postest kelas eksperimen I untuk pertemuan pertama dan kedua adalah 71,47 dan 77,12, sedangkan untuk kelas eksperimen II adalah 80,88 dan 82,35. Untuk melihat signifikan atau tidaknya perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada kedua kelas eksperimen, dilakukan uji t dengan menggunakan selisih nilai pretest dan postest siswa. Berdasarkan analisa yang dilakukan diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa pada materi senyawa turunan alkana menggunakan media pembelajaran molymod pelampung pancing dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Structured Dyadic Methods (SDM) dan tipe Think Pair Share (TPS)

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Chemistry Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Sep 2014 15:53
Last Modified: 25 May 2023 09:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8623

Actions (login required)

View Item View Item