Ariyani , Eka and Nasirun, Nasirun and Delrefi, Delrefi (2014) PENERAPAN METODE PROYEK UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BENTUK, WARNA, UKURAN DAN POLA DI KELOMPOK B2 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PERTIWI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eka.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eka.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (6MB) | Preview |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apakah dengan menerapkan metode proyek dapat meningkatkan kognitif anak dalam mengenal konsep bentuk, warna, ukuran dan pola. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kognitif anak dalam mengenal konsep bentuk, warna, ukuran dan pola pada kelompok B2 TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah kelompok B2 yang berjumlah 22 orang anak, yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 12 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus dan setiap siklus dilakukan selama tiga kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan mengenal konsep bentuk, warna, ukuran dan pola setelah proses pembelajaran yang menerapkan metode proyek, dengan hasil pengamatan yang dilakukan telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 78% dengan kriteria baik. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahwa dengan menerapkan metode proyek dapat meningkatkan kognitif anak dalam mengenal kosep bentuk, warna, ukuran dan pola.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 29 Sep 2014 15:43 |
Last Modified: | 29 Sep 2014 15:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8645 |
Actions (login required)
View Item |