Eriani , Ezi and Suratman, Asep and Rachmat, Agus Zainal (2014) PENDAPAT KADER LANSIA TERHADAP PELAYANAN BINA KELUARGA LANSIA YANG DILAKSANAKAN PKBM AZ-ZAHRA KEPAHIANG. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ezi-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ezi-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini secara umum bertujuan mengetahui bagaimana pendapat kader lansia terhadap pelayanan bina keluarga lansia yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra Kepahiang. Sedangkan secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ; 1) Pendapat kader lansia tentang pelayanan keagamaan dan mental spiritual yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra. 2) Pendapat kader lansia tentang pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra. 3) Pendapat kader lansia tentang pelayanan perlindungan sosial yang dilaksanakan oleh PKBM Az- Zahra. 4) Pendapat kader lansia tentang bantuan sosial yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pengelolah dan kader lansia PKBM Az-Zahra Kepahiang. Berdasarkan hasil temuan-temuan penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa; 1) Pelayanan keagamaan dan mental, spiritual yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra untuk para lansia adalah mengadakan pengajian atau majelis taklim yang rutin dilaksanakan sekali seminggu, atau sebulan sekali, tergantung setiap kader dan kelompok lansianya. Pelayanan ini bertujuan untuk menjalin silaturrahmi antar lansia dan memperdalam ilmu agama para lansia, mendekatkan diri kepada Allah SWT. 2) Pelayanan kesehatan dilaksanakan oleh PKBM Az- Zahra untuk para lansia adalah pemeriksaan kesehatan lansia, pengobatan gratis dan senam jantung sehat. Kegiatan pemeriksaan kesehatan lansia rutin dilaksanakan sebulan sekali dan kegiatan senam lansia setiap hari Minggu. Tujuan dari pelayanan ini adalah untuk memeriksa kesehatan lansia, melihat perkembangan kesehatan lansia dan memberi pengobatan gratis untuk lansia. Dalam pelayanan ini PKBM Az-Zahra bekerja sama dengan Dinas Sosial. 3) Pelayanan perlindungan sosial yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra untuk para lansia adalah pemberian askesos untuk para lansia yang bertujuan untuk perlindungan lansia ketika lansia itu sakit. Dalam pelayanan ini PKBM Az-Zahra Kepahiang bekerja sama dengan Dinas Sosial. 4) Pelayanan bantuan sosial yang dilaksanakan oleh PKBM Az-Zahra untuk para lansia adalah pemberian bantuan modal usaha untuk lansia produktif dan pemberian bantuan sembako untuk lansia yang tidak produkti atau miskin, terlantar. Untuk modal usaha setiap lansia produktif mendapatkan uang sebesar satu juta lima ratus rupiah, dana ini digunakan untuk membuka usaha atau menambah modal usaha para lansia. Dalam pelayanan bantuan sosial ini PKBM Az-Zahra bekerja sama dengan Dinas Sosial dan Gerakan Organisasi Wanita (GOW). Saran dari hasil penelitian ini antara lain; 1) Kepada pengelola / ketua PKBM Az-Zahra, saran penulis yaitu jika ada dana sebaiknya PKBM Az-Zahra Kepahiang mendirikan bangunan / panti jompo untuk perawatan dan tempat tinggal untuk para lansia miskin dan terlantar. 2) Untuk kader lansia, saran penulis adalah agar perhatian terhadap lansia lebih diperkuat lagi, seperti pengunjungan lansia yang dilaksanakan hanya sebulan sekali lebih diperbanyak lagi seperti dua kali sebulan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 09:04 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 09:37 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8661 |
Actions (login required)
View Item |