BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B KELAS JANNATUL MA’WA RAUDHATUL ATHFAL RABBI RADHIYYA CURUP

Nursani, Nursani and Dharmayana, I Wayan and Delferi, Delferi (2014) BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK KELOMPOK B KELAS JANNATUL MA’WA RAUDHATUL ATHFAL RABBI RADHIYYA CURUP. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Apakah bercerita dengan menggunakan boneka tangan dapat meningkatkan keterampilan sosial anak kelompok B kelas Jannatul Ma’wa Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya Curup? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial anak melalui bercerita dengan menggunakan boneka tangan. Subjeknya adalah anak kelompok B kelas Jannatul Ma’wa Raudhatul Athfal Rabbi Radhiyya Curup yang berjumlah 20 orang putri. Objeknya adalah keterampilan sosial. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis pengumpulan datanya adalah lembar observasi anak dan lembar observasi guru. Hasil penelitian pada siklus pertama yang memperoleh kriteria baik dalam aspek anak bekerja sama 45%, meniru 50%, bersikap simpati 50%, bersikap empati 45%, berkomunikasi 45%, dan berbagi (bergantian) mainan 45%. Sedangkan hasil penelitian siklus kedua yang memperoleh kriteria baik dalam aspek anak bekerja sama 85%, meniru 80%, memiliki sikap simpati dengan kriteria baik 70%, bersikap empati 70%, berkomunikasi 75%, dan berbagi (bergantian) 85%. Hal ini menunjukkan bahwa antara siklus pertama dan siklus kedua mengalami peningkatan.. Jadi untuk meningkatkan keterampilan sosial anak, maka guru dapat menggunakan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Oct 2014 14:38
Last Modified: 01 Oct 2014 14:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8681

Actions (login required)

View Item View Item