IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL

Febrianti , Rika and Maulidiya, Della and Isral, Idris (2014) IDENTIFIKASI KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH TERPADU KOTA BENGKULU DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rik.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rik.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dan VII C SMP Muhammadiyah Terpadu Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2014/2015. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan siswa meliputi: kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan operasi dan tidak menjawab soal yang telah diberikan. Faktor penyebab terjadinya kesalahan adalah: 1) faktor dari dalam diri siswa (intern) meliputi: siswa kurang teliti dalam membaca soal, siswa tidak bisa membedakan antara koefisien, variabel, dan konstanta, siswa tidak paham maksud dari soal yang telah diberikan sehingga tidak tahu bagaimana menjawab soal tersebut, siswa masih kurang paham bagaimana cara menyamakan kedua ruas, siswa tidak tahu bagaimana cara mengubah soal menjadi model matematika pada soal cerita. 2) faktor dari luar diri siswa (ekstern) meliputi: keadaan lingkungan keluarga yaitu tidak ada kontrol dari orangtua/wali untuk siswa belajar, kurang menguasai materi prasyarat sehingga sulit memahami materi pelajaran, cara belajar matematika yang belum tepat, siswa sulit untuk fokus disaat belajar, tidak adanya buku pegangan siswa, serta catatan siswa yang tidak lengkap dan tidak teratur.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Oct 2014 15:32
Last Modified: 02 Oct 2014 15:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item