PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X TKJ 1 PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU

Farlina, Ria and Medriati, Rosane and Setiawan, Iwan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X TKJ 1 PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ria.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ria.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran problem posing kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus pembelajaran. Instrumen penelitian adalah observasi, tes, lembar penilaian, dokumentasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian adalah aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I skor 16 dengan kategori cukup dan meningkat menjadi 24 pada siklus II dengan kategori baik kemudian pada siklus III skor 25 juga dengan kategori baik. Skor perolehan aktivitas guru juga meningkat dari siklus I sampai dengan siklus III. Hasil lembar penilaian model pembelajaran problem posing dari siklus I pada kategori cukup, meningkat pada siklus II dan III menjadi kategori baik. Hasil penilaian pengetahuan (kognitif) atau hasil belajar melalui hasil tes ditinjau dari ketuntasan belajar klasikal yang memperoleh nilai ≥75 dengan nilai kompetensi ≥B- siklus I adalah 81 % meningkat pada siklus II sebesar 88 % dan pada siklus III sebesar 91%. Hasil penilaian sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotor) juga meningkat setiap siklusnya yaitu dari siklus I, II dan III. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah penerapan model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada konsep momentum dan impuls.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 02 Oct 2014 15:50
Last Modified: 02 Oct 2014 15:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item