Sari, Pika Purnama and Astuty, Nurul and Muchlis , Effie Efrida (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMPII-14-pik.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-pik.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Validasi dilakukan oleh tiga ahli materi matematika, dua ahli konstruksi dan satu ahli bahasa. Kepraktisan LKS diuji pada enam siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Efektifitas LKS diuji pada siswa kelas VIII4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 35 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKS, lembar kepraktisan LKS dan lembar efektifitas LKS. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) LKS Matematika berbasis penemuan terbimbing di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, konstruksi dan bahasa dengan skor rata-rata 4,41, (b) LKS Matematika berbasis penemuan terbimbing di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,43, (c) LKS Matematika berbasis penemuan terbimbing di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 4,14 dan pencapaian efektifitas : (1) Aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru sebesar 3,90 ; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran efektif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 3,92 ; (3) Hasil belajar siswa kelas VIII4 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu efektif dengan skor sebesar 4,49 dan persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 78 adalah 85,7%.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 03 Oct 2014 08:23 |
Last Modified: | 03 Oct 2014 08:23 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8732 |
Actions (login required)
View Item |