PENERAPAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU

Enggraini, Intan Tia and Maizora, Syafdi and M. Rusdi, M.Rusdi (2014) PENERAPAN PENEMUAN TERBIMBING DENGAN TEKNIK THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 5 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-int.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-int.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah lebih sering menggunakan metode ceramah dimana peran guru lebih dominan daripada siswa. Siswa masih bingung dan kesulitan menggunakan konsep matematika karena siswa hanya menghapal rumus-rumus bukan memahaminya sehingga minat siswa untuk belajar matematika kurang. Kurang optimalnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran sehingga aktivitas siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan penemuan terbimbing dengan teknik think pair share (TPS) sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 5 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan penemuan terbimbing dengan teknik think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan pemberian masalah pada Lembar Kerja Siswa (LKS), siswa berpikir tentang masalah yang diberikan, pembagian kelompok berpasangan yang tepat, siswa mempresentasikan kesimpulan/ hasil temuannya, guru memberi penghargaan pada kelompok yang bersedia maju saat kegiatan presentasi, dan guru memberikan soal latihan kepada siswa di akhir pelajaran. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 69,44; 74,60; 83,20 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 56%; 72%; 88%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 03 Oct 2014 08:49
Last Modified: 03 Oct 2014 08:49
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8735

Actions (login required)

View Item View Item