EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PELATIHAN MENJAHIT KHUSUS PEREMPUAN DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) PROVINSI BENGKULU TAHUN 2012

Maria, Ninda and Riskan, Riskan and Izzudin, Izzudin (2014) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PELATIHAN MENJAHIT KHUSUS PEREMPUAN DI BALAI LATIHAN KERJA (BLK) PROVINSI BENGKULU TAHUN 2012. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nin.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Efektivitas adalah sesuatu yang memiliki pengaruh atau akibat yang ditimbulkan, manjur, membawa hasil dan merupakan keberhasilan dari suatu usaha atau tindakan. Metode pembelajaran dikatakan efektif jika tujuan instruksional khusus lebih banyak tercapai. Tercapainya metode pembelajaran itu bersumber dari bagaimana perencanaan yang meliputi segi input, proses, dan output. Segi input yang dimaksud yaitu pengrekrutan instruktur pelatihan, peserta pelatihan, sarana prasarana, materi pembelajaran, media pembelajaran, fasilitas pelatihan, dan factor pendukung lainnya. Dari segi proses yaitu perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, pengawasan hasil dan pembelajaran. Sedangkan, output merupakan hasil yang dicapai dari proses pelatihan. Pencapaian hasil tersebut dilihat dari penguasaan materi belajar, dan pencapaian hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan studi kasus dimana analisis data dilakukan secara terus menerus dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan pelatihan menjahit khusus perempuan di Balai Latihan Kerja (BLK) Provinsi Bengkulu tahun 2012 dilihat dari ketiga segi yaitu segi input, proses, dan output dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 09:17
Last Modified: 06 Oct 2014 09:17
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8765

Actions (login required)

View Item View Item