Wulandari , Riri and Parlan, Parlan and Wadin, Wahiruddin (2014) PENERAPAN MODEL SORONG PADA SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN (TPQ) AL-IRODAH DI LUBUK DURIAN KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-rir.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (601kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-rir.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
Abstract
Secara umum penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan penerapan model sorong pada santri Di Taman Pendidikan Qur’an Al-Irodah Dilubuk Durian Bengkulu Utara. Berdasarkan tujuan umum tersebut dapat dijabarkan kedalam tujuan khusus, yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan Model Sorong dalam pembelajaran Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Irodah Lubuk Durian Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. 2) Untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan model sorong di Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al- Irodah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah tenaga pengajar, pengelola dan warga belajar TPQ Al-Irodah. Dari hasil dan pembahasan diperoleh beberapa kesimpulan: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model sorong di taman pendidikan Qur’an (TPQ) Al-Irodah Di Lubuk Durian Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu berjalan dengan baik,karena proses pembelajaran model sorong ini dapat diterima oleh santri dan memudahkan para santri mendapat pengetahuan, dengan model sorong ini para santri juga lebih akrab dengan Guru mengajinya yang bertatap muka langsung saat proses pembelajaran itu berlangsung. Kedua, Diketahui bahwa penerapan model sorong dalam pembelajaran Qur’an belum efektif, dalam penerapan model sorong disana, karena santri yang kurangtertib dalam mengikuti pembelajaran dan ada pula sebagian santri belum termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Adapun santri mengalami peningkatan pengetahuan pembelajaran dan telah mendapatkan prestasi-prestasi yang membanggakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 09:32 |
Last Modified: | 06 Oct 2014 09:32 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8768 |
Actions (login required)
View Item |