Sudarmiyanti, Asri and Kurniah, Nina and Yulidesni, Yulidesni (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI PAUD ALAM STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF DI PAUD MODEL PEMBELAJARAN ALAM DI KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-asr.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-asr.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (5MB) | Preview |
Abstract
PAUD Alam merupakan sebuah layanan pendidikan bagi anak yang fokus pada kegiatan outdoor dan pembelajaran melalui interaksi langsung dengan alam. Konsep ini merupakan sebuah inovasi dibidang pendidikan anak. Belum banyak penelitian formal yang tersedia tentang pelaksanaan pembelajaran dan belum ada acuan kurikulum yang mengatur pembelajaran di PAUD alam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran di PAUD Alam. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif pada PAUD alam yang terdapat di Kota Bengkulu yaitu PAUD Alam Mahira dan Sekolah Alam Indonesia JAC. Alat pengumpul data yang digunakan adalah observasi aktivitas pembelajaran, wawancara dan studi dokumentasi. Dalam penelitian ini, perencanaan pembelajaran di PAUD Alam menggunakan spider web, lesson plan dan weekly plan, pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pendekatan experiental learning dan metode outbound. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan observasi dengan menggunakan portofolio dan dituangkan dalam raport perkembangan dan raport narasi yang berisi detail perkembangan anak selama di PAUD
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 06 Oct 2014 10:40 |
Last Modified: | 06 Oct 2014 10:40 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8775 |
Actions (login required)
View Item |