HUBUNGAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU

Febriyanti, Arida and Resnani, Resnani and Hasnawati, Hasnawati (2014) HUBUNGAN SUASANA LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS III KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ari.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ari.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu yang berjumlah 123 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu yang berjumlah 60 orang siswa. Instrumen penelitian berupa angket dan didukung oleh wawancara. Angket terdiri dari 47 soal yang mengukur tentang suasana lingkungan belajar dan 46 soal yang mengukur tentang motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “Korelasi Product Moment”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rhitung = 0,799 yang berada pada arah yang positif dengan interpretasi nilai r pada interval 0,70-0,90 sehingga tingkat hubungan antara variabel X dan variabel Y dikatagorikan memiliki hubungan yang kuat. Uji signifikan koefisien korelasi menunjukkan bahwa rtabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,254. Dengan demikian berarti rhitung ≥ rtabel pada taraf signifikansi 5% dengan kata Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara suasana lingkungan belajar dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus III Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 06 Oct 2014 15:07
Last Modified: 06 Oct 2014 15:07
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8783

Actions (login required)

View Item View Item