UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADASISWA KELAS V SDNEGERI 94 SELUMA

Desmalelah, Desmalelah and Daimun, Daimun and Resnani, Resnani (2014) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADASISWA KELAS V SDNEGERI 94 SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-des.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-des.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (682kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan nilai atau prestasibelajar siswa dan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di kelas V SD Negeri 94 Seluma. Jenis yangdilakukan adalah penelitian Tindakan Kelas ( Classroom Action Research) inidilakukan dikelas V SD Negeri 94 seluma sebanyak 2 siklus. Subjekpenelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD negeri 94 Seluma. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan,pelaksanaan, pengamatan , dan refleksi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptifdan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal.Metode pengumpulan data menggunakan pengamatan , wawancara,dokumentasi dan tes prestasi. Análisis data menggunakan: rumus rata-rata nilai,persentase ketuntasan belajar klasikal dan daya serap klasikal, sedangkan datapengamatan dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi,skor terendah, selisih skor, kisaran nilai tiap kriteria. Dari data hasil pengamatan terhadap aktivitas guru dan siswa pada siklsu Idan siklus II terdapat peningkatan rata-rata skor. Pada aktivitas guru dari rat-rataskor 22,5 pada siklus I meningkat menjadi 33 pada siklus II. Sedangkan untukaktivitas siswa dari rata-rata skor 22 pada siklus I meningkat menjadi 28,5 padasiklus II. Dengan adanya peningkatan rata-rata skor terhadap aktivitas guru dansiswa tersebut berarti bahwa aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaranMatematika dengan pendekatan scientifik melalui model pembelajaran Examples non examples sudah dilaksanakan dengan baik, meskipun demikian pada lembar pengamatan gurudan siswa masih terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan untukpembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 07 Oct 2014 10:40
Last Modified: 07 Oct 2014 10:40
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8793

Actions (login required)

View Item View Item