PENERAPAN MODEL KONSIDERASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS VB SDN 71 KOTA BENGKULU)

Setiyani, Dian and Kustianti, Sri Ken and Lukman, Lukman (2014) PENERAPAN MODEL KONSIDERASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN DAN MENGEMBANGKAN KARAKTER TOLERANSI DAN DEMOKRATIS SISWA (PTK PADA PEMBELAJARAN PKN KELAS VB SDN 71 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dia.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dia.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan mengembangkan karakter toleransi dan demokratis siswa dalam pembelajaran PKn melalui penerapan model Konsiderasi. Pada tahap pelaksanaannya terdiri dari 2 siklus, disetiap siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar non tes dan tes. Lembar non tes yang terdiri dari lembar observasi guru, siswa dan nilai karakter toleransi dan demokratis siswa, sedangkan lembar tes berupa soal evaluasi. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi aktivitas guru 41,5 dengan kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 55 dengan kategori baik. Pada skor observasi aktivitas siswa siklus Idiperoleh nilai rata-rata 40,5 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat menjadi 56 dengan kategori baik. Perkembangan karakter toleransi pada siklus I berada pada kategori Mulai Terlihat(MT) sebesar 54,5 % dan pada siklus II berkembang ke arah yang lebih baik yaitu berada pada kategori Mulai Terlihat (MT) sebanyak 75,7 %. Perkembangan karakter demokratis pada siklus I berada pada kategori Mulai Terlihat(MT) sebesar 47,2 % dan pada siklus II berkembang ke arah yang lebih baik yaitu berada pada kategori Mulai Terlihat (MT) sebanyak 73,9 %. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Konsiderasi dapat mengembangkan karakter toleransi dan demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kelas VB SD Negeri 71 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 10:52
Last Modified: 07 Oct 2014 10:52
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item