PENGGUNAAN METODE PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEAR, PRACTISE, EVALUATE) DENGAN PERMAINAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK SISWA KELAS VB SD N 03 KOTA BENGKULU

Yopis, Erik and Hambali, Daimun and Dalifa, Dalifa (2014) PENGGUNAAN METODE PORPE (PREDICT, ORGANIZE, REHEAR, PRACTISE, EVALUATE) DENGAN PERMAINAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA ANAK SISWA KELAS VB SD N 03 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-eri.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-eri.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dalam pemahaman isi cerita anak pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas VB SD Negeri 03 Kota Bengkulu dengan menggunakan metode PORPE dengan permainan Talking Stick. Penelitian ini adalah Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 03 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan lembar tes. Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai untuk tiap kriteria, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian yaitu pada siklus I rata-rata nilai pengamatan guru 43 termasuk kategori “Cukup”, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 52,25 termasuk kategori “baik”, pengamatan afektif pada siklus 1 dan siklus II meningkat setiap aspek, aspek menerima dengan persentase tertinggi yaitu 37,17%, yang terendah mencapai aspek menilai yaitu 26,51%. Begitu pula Psikomotor siswa juga meningkat setiap aspek, aspek mempertajam dengan persentase peningkatan sebesar 25%. Sedangkan yang terendah mencapai aspek mengonstruksikan sebesar 28,78%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan metode PORPE dengan Talking Stick dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerita anak, siswa kelas VB SD N 03 Kota Bengkulu

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 07 Oct 2014 15:01
Last Modified: 07 Oct 2014 15:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8803

Actions (login required)

View Item View Item