PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS PADA SISWA KELAS IVA SDN 68 KOTA BENGKULU

Dewi, Marlina Yuliantika and Resnani, Resnani and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING MELALUI MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS PADA SISWA KELAS IVA SDN 68 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mar.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mar.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas pembelajaran pada pembelajaran menulis dan kemampuan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas IVA SDN 68 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa SDN 68 Kota Bengkulu. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa.Teknik pengumpulan data observasi dan data tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar secara klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: a) rata-rata skor aktivitas guru siklus I adalah 35 dengan kriteria cukup, meningkat di siklus II menjadi 40,5 dengan kriteria baik, b) rata-rata skor aktivitas siswa siklus I adalah 33,5 dengan kriteria cukup meningkat di siklus II menjadi 39,5 dengan kriteria baik. c) Aspek kognitif, dengan nilai rata-rata 67,5 ketuntasan belajar klasikal siklus I sebesar 55,5 %, meningkat di siklus II menjadi 70,0 dengan ketuntasan belajar klasikal 74,0%. d) Aspek afektif, pada siklus I nilai rata-rata8,68dengan kriteria cukup meningkat pada siklus ke II sebesar10,39dengan kriteria baik, e) Aspek psikomotor, pada siklus I nilai rata-rata 6,75 dengan kriteria cukup meningkat pada siklus ke II sebesar 7,83 dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Brainstorming melalui media gambar dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran menulis dan kemampuan menulis karangan narasi ekspositorissiswa kelas IVASDN68Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 08 Oct 2014 15:19
Last Modified: 08 Oct 2014 15:19
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8830

Actions (login required)

View Item View Item