PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK MATEMATIKA KELAS VB SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU)

Hermina, Nida and Gunawan, Ansyori and Noperman, Feri (2014) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (PTK MATEMATIKA KELAS VB SD NEGERI 60 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nid.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nid.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil dan keaktifan guru serta siswa dengan menerapanModel Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD)dengan Permainan Ular Tangga Pada Siswa Kelas VBSDN 60 Kota Bengkulu.Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VB SD Negeri 60 Kota Bengkulu pada semester II tahun pelajaran 2013/2014.Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes.Data observasi dianalisis dengan rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran untuk tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu: (1) pada siklus I diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 30,75 dengan kategori cukup dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 33,25 dengan kategori cukup,sedangkan hasil tes siswa dari 30 siswa mendapat nilai rata-rata 7,67 dengan ketuntasan belajar klasikal 66,66%, (2) pada siklus II diperoleh nilai rata-rata lembar observasi guru sebesar 43,5 dengan kategori baik dan nilai rata-rata lembar observasi siswa sebesar 43,5 dengan kategori baik, sedangkan hasil tes dari 30 orang siswa mendapat nilai rata-rata 8,33dengan ketuntasan belajar klasikal 90%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa PenerapanModel Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD)dengan Permainan Ular Tangga dapat meningkatkan keaktifan dan hasil pembelajaran siswa kelas VB SD Negeri 60 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:20
Last Modified: 09 Oct 2014 10:20
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8846

Actions (login required)

View Item View Item