HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IVB SDIT IQRA’1 KOTA BENGKULU

Habibah, Nur and Hambali, Daimun and Wurjinem, Wurjinem (2014) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN DAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IVB SDIT IQRA’1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan antara disiplin dan kebiasaan belajar denganprestasi belajar siswa kelas IVB SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional.Sampel dalam penelitian ini berjumlah30 siswa kelas IVB SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulutahun pelajaran 2013/2014. Instrumen penelitian berupa lembar angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data didahului denganmenggunakan rumus “Korelasi Product Moment” dan dilanjutkan dengan “Korelasi Ganda”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar denganprestasi belajar siswa yang dibuktikan rx₁y1 = 0,592, r²x₁y1 = 0,350, thitung 3,890 dan rx₁y2 = 0,525, r²x₁y2 = 0,275, thitung 3,263 (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar denganprestasi belajar siswa yang dibuktikan rx₂y1 = 0,545, r²x₂y1 = 0,477, thitung 3,440 untuk dan rx₂y2 = 0,502, r²x₂y2 = 0,252, thitung 3,550 (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin dan kebiasaan belajar denganprestasi belajarsiswa yang dibuktikan rx₁x₂y1 = 0,616, r²x₁x₂y1 = 0,379, fhitung 25,67 dan rx₁x₂y2 = 0,554, r²x₁x₂y2 = 0,306, fhitung 6,652. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar denganprestasi belajar siswa kelas IVB SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu, (2) terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar denganprestasi belajar siswa kelas IVB SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu, (3) terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin belajar dan kebiasaan belajar denganprestasi belajarsiswa kelas IVB SDIT IQRA’ 1 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:38
Last Modified: 09 Oct 2014 10:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item