UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN BALOK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI PAUD ASSALAAM KOTA BENGKULU

Aulia, Oktavia and Wadin, Wahiruddin and Suratman, Asep (2014) UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI BERMAIN BALOK DENGAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DI PAUD ASSALAAM KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-okt.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-okt.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul. Upaya Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Melalui Bermain Balok Dengan Model Cooperative Learning Di Paud Assalaam Kota Bengkulu. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah melalui bermain balok dengan model cooperative learning dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di paud assalaam kota bengkulu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak melalui bermain balok dengan model cooperative learning di paud assalaam kota bengkulu. Penelitian diadakan di PAUD Assalaam Kota Bengkulu. Dengan subjek penelitian anak kelompok B2 PAUD Assalaam kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Adapun tahap pelaksanaan PTK dimulai dari pra siklus yang terdiri dari observasi perkembangan sosial emosional anak dan observasi kinerja guru, serta pada siklus I, dan siklus II adanya perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi sedangkan teknik analisis data menggunakan nilai rata- rata anak dan presentase ketuntasan belajar secara klasikal yang mengalami peningkatan, pada pra siklus jumlah anak yang belum berkembang ada 5 anak atau 23%, anak yang mulai berkembang ada 12 anak atau 57%, anak berkembang sesuai harapan ada 4 anak atau 19% dan anak yang berkembang sangat baik tidak ada (0). Pada siklus I jumlah anak yang belum berkembang tidak ada (0), anak yang mulai berkembang ada 8 anak atau 38%, anak yang berkembang sesuai harapan ada 11 anak atau 52%, dan anak yang berkembang sangat baik ada 2 anak atau 10%, dan pada siklus II jumlah anak yang belum berkembang tidak ada (0), anak yang mulai berkembang ada tidak ada, anak yang berkembang sesuai harapan ada 3 anak atau 14%, dan anak yang berkembang sangat baik ada 18 anak atau 85%. berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa dengan bermain balok secara berkelompok dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di Paud Assalaam Kota Bengkulu. Hal ini peneliti juga menyarankan agar bermain balok dapat melanjutkan untuk mengembangkan media balok ini dengan lebih bervariasi

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 09 Oct 2014 10:54
Last Modified: 09 Oct 2014 10:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8851

Actions (login required)

View Item View Item