UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SISWA KELAS V SD NEGERI 10 CURUP TIMUR

Sukasmi, Sukasmi and V. Karjiati, V. Karjiati and Sugiyanto , Sugiyanto (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) SISWA KELAS V SD NEGERI 10 CURUP TIMUR. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-suk.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-suk.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar dengan menggunakan metode pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap.. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi dan tes. Teknik analisis data pada lembar observasi menggunakan rumus kisaran nilai nilai, sedangkan untuk tes mengunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar. Hasil lembar observasi guru pada siklus 1 memperoleh skor 21 dalam kategori cukup meningkat pada siklus 2 menjadi total skor 31,5 kategori baik. hasil lembar observasi siswa pada siklus 1 memperoleh skor 20,5 dalam kategori cukup meningkat pada siklus 2 menjadi total skor 31 dalam kategori baik. Hasil tes siklus 1 ketuntasan klasikal 76% dengan rata-rata kelas 67, meningkat menjadi 92% dengan rata-rata 7,1 pada siklus 2. Kesimpulan menggunakan metode pendekatan (RME) dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:34
Last Modified: 13 Oct 2014 08:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item