PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK KOLABORASI METODE BERMAIN TONGKAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 15 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH

Sumarti, Sumarti and Hambali, Daimun and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISTIK KOLABORASI METODE BERMAIN TONGKAT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 15 PONDOK KELAPA KABUPATEN BENGKULU TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sum.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-sum.FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar. Penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan. Tahapan disetiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data mengunakan lembar tes dan lembar observasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian: (1) Meningkatkan aktivitas belajar; (a)observasi aktivitas guru siklus I rata-rata skor 28,5 kategori cukup dan meningkat pada siklus II rata-rata skor 36,5 dengan kategori baik; (b) aktivitas siswa siklus I rata-rata skor 30,5 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II rata- rata 37,5 dengan kriteria baik. (2) Hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal; (a) Kognitif; hasil analisis tes/evaluasi siklus I sebesar 63,33% nilai rata-rata 69 meningkat pada siklus II sebesar 86,66% nilai rata-rata 75,83; (b) Afektif; siklus I kategori baik 14 siswa dan siklus II meningkat mencapai 28 siswa dengan kategori baik; (c) psikomotor: siklus I dengan kategori baik sebanyak 15 siswa dan siklus II meningkat sebanyak 26 siswa dengan kategori baik.Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan konstruktivistik yang berkolaborasi dengan metode bermain tongkat dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 15 Pondok Kelapa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 08:59
Last Modified: 13 Oct 2014 08:59
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8885

Actions (login required)

View Item View Item