Kustanto, Tri and Hasnawati, Hasnawati and Resnani, Resnani (2014) STUDI DESKRIPTIF PEMBUATAN KARYA KREATIF 3D (PAPER QUILLING) PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS VB SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tri.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (1MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tri.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (28MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembuatan dan hasil karya siswa dalam pembuatan karya kreatif 3D Paper Quilling pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas VB SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan metode partisipasi langsung (observasi partisipatif), golongan partisipasi moderat yaitu peneliti sebagai guru. Obyek penelitian siswa kelas VB SDN 20 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian adalah human instrument, dengan menggunakan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapat dari wawancara, observasi dan hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses pembuatan karya terdiri dari beberapa langkah, yang diawali dengan diskusi menentukan tema, mengukur kertas, memotong kertas, menggulung kertas, dan mengelem bagian-bagian karya menjadi satu buah karya yang seutuhnya. Sedangkan (2) bentuk hasil karya siswa menunjukan karya yang dihasilkannya memiliki daya tarik dan menjadikan sebuah karya yang menarik, masing-masing karya yang dihasilkan mengandung unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip seni rupa, siswa mengalami perkembangan dalam pembuatan karya karena karya yang dihasilkan sangat variatif dan kreatif. Dengan melakukan pembuatan karya kreatif 3D Paper Quilling dapat disimpulkan bahwa siswa dapat mengeluarkan daya kreativitas yang mereka miliki, membantu siswa dalam mengeluarkan daya abstraksi dan memberikan pengalaman bagi siswa dalam membuat kerajinan khususnya membuat kerajinan seni menggulung kertas. Sehingga siswa sudah dapat dikatakan sebagai orang yang kreatif karena menurut Sund dalam Slameto (2010:148) menyatakan salah satu ciri seseorang kreatif adalah memiliki daya abstraksi yang cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 13 Oct 2014 09:22 |
Last Modified: | 13 Oct 2014 09:22 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8890 |
Actions (login required)
View Item |