PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 88 KOTA BENGKULU

Kometri, Atik and Wurjinem, Wurjinem and Resnani, Resnani (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASILBELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SDN 88 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ati-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ati-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 88 Kota Bengkulu yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dengan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa dan lembar tes yang terdiri dari lembar tes kognitif, lembar tes afektif dan lembar tes psikomotor. Data observasi dianalisis dengan menggunakan rata-rata skor dan kriteria skor, sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan nilai persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor 32 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 38dengan kriteria baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata skor 33 dengan kriteria cukup dan pada siklus II meningkat dengan rata-rata skor 38,25 dengan kriteria baik. Untuk penilaian afektif pada siklus Idiperoleh rata-rata skor yaitu 1,98 dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 2,43. Untuk pengamatan psikomotor pada siklus I diperoleh rata-rata skor 2,05 dan pada siklus II diperoleh rata-rata skor 2,53. Adapun untuk hasil analisis ketuntasan belajar secara klasikal pada siklus I sebesar 40,62% dengan nilai rata-rata 63,59 pada siklus II meningkat menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 83,43. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Cooperative Learning tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 13 Oct 2014 14:58
Last Modified: 13 Oct 2014 14:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8911

Actions (login required)

View Item View Item