Firizal, Firizal and Lusa , Herman and Hasnawati, Hasnawati (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRIVAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK KLASIK DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI PADA SISWA (STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRIVATKELAS IV SD NEGERI 03 KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-fir-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-fir-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran privat dengan media musik klasik dalam menumbuhkan motivasi siswa SD Negri 03 kelas IV Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SD Negri 03 kelas IV Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui pedoman observasi, wawancara dan angket. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data melalui ruduksi display, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketentuan dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa. 1) Pelaksanaan pembelajaran privat dengan media musik klasik meliputi keterampilan: merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajar dan pembelajaran, mengadakan pendekatan, membimbing dan memudahkan belajar dan mengorganisasi. 2) Menumbuhkan motivasi siswa kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu,antara lain: (1) Menunjukan sikap tingkah laku siswa lebih disiplin dalam belajar, siswa lebih tenang dalam belajar; (2) dalam melakukan dorongan (penggerak), dengan menumbuhkan rasa ingin tahu, siswa lebih diperhatikan, siswa lebih mengemukakan kegiatan dalam belajar, siswa mengerjakan dengan susngguh-sungguh dan (3) ada dari pengaruh pada siswa untuk memperhatikan guru, agar siswa lebih rileks jika belajar sambil mendengarkan musik, khususnya musik klasik biasa membantu orang untuk berkonsentrasi pada tugas-tugasnya dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 09:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 09:19 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8948 |
Actions (login required)
View Item |