STUDI DESKRIPTIF JENIS-JENIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR KELURAHAN SAWAH LEBAR LAMA KOTA BENGKULU

Masropah, Masropah and Hambali, Daimun and Lukman, Lukman (2014) STUDI DESKRIPTIF JENIS-JENIS KESULITAN BELAJAR MEMBACA DAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR KELURAHAN SAWAH LEBAR LAMA KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-mas-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-mas-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Jenis-jenis kesulitan belajar membaca permulaan dan 2) Jenis-jenis kesulitan belajar menulis permulaan pada siswa kelas II SD di Kelurahan Sawah Lebar Lama Kota Bengkulu. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas II di SDN 19, 49 dan 62 Kelurahan Sawah Lebar Lama Kota Bengkulu. Jenis penelitian deskriptif-kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui reduksi, display dan verifikasi data. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi teknik dan tersedianya referensi. Deskripsi hasil penelitian meliputi 1) Dimensi siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca permulaan yaitu tidak lancar dalam membaca, banyak kesalahan ketika membaca, sulit membedakan huruf yang mirip, memiliki kekurangan dalam memori visual, dan tidak mampu memahami simbol bunyi. 2) Dimensi siswa yang mengalami kesulitan belajar menulis yaitu tulisan tidak terbaca, lambat dalam menulis, huruf hilang atau terbalik, dan kesalahan dalam memegang pensil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Jenis-jenis kesulitan belajar membaca permulaan yaitu siswa belum mampu menganalisis huruf, siswa belum mampu mengenali huruf atau kata secara global, siswa mengganggap bahwa huruf atau kata yang dihilangkan tidak diperlukan, siswa belum memahami kaitan antara huruf dan bunyi pada kata meliputi pengetahuan tentang semua huruf (konsonan, vocal, konsonan ganda, bunyi mati, bunyi sempurna, dan sebagainya), dan kekurangan dalam mengenal huruf, bunyi bahasa(fonik) dan bentuk kata. 2) Jenis-jenis kesulitan belajar menulis permulaan yaitu belum matangnya perkembangan memori dan motorik siswa, terganggunya persepsi visual siswa, siswa tersebut merupakan siswa yang hiperaktif atau siswa yang perhatianya mudah terahlikan, dan Kesalahan siswa dalam memegang pensil

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:30
Last Modified: 15 Oct 2014 09:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8951

Actions (login required)

View Item View Item