UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SDN 06 KOTA BENGKULU

Hasmi , Mizar and Gunawan, Ansyori and Hasnawati, Hasnawati (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SDN 06 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-miz-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-miz-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV di SDN 06 Kota Bengkulu dengan menerapkan pendekatan Realistics Mathematics Education. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Reseacrh) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar observasi guru dan siswa, lembar penilaian kerja kelompok serta lembar tes tertulis dalam bentuk essay. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menunjukkan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata skor observasi guru sebesar 29,25 dengan kriteria baik, dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 29,25 dengan kriteria baik, pada siklus II rata-rata skor observasi guru sebesar 34,25 dengan kriteria baik dan rata-rata skor observasi siswa sebesar 33,5 dengan kriteria baik. Kemudian pada lembar afektif di siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 6,04 dan psikomotor pada siklus 1 diperoleh nilai rata-rata 6,51 selanjutnya pada siklus 2 penilaian rata-rata afektif meningkat menjadi 7,20 dan psikomotor meningkat menjadi 8,07. Hasil analisis ketuntasan belajar klasikal pada siklus 1 sebesar 52,77% dengan nilai rata-rata 64,02. Pada siklus 2 ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 80,55% dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 74,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan realistic mathematics education dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya siswa kelas IV SDN 06 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 09:34
Last Modified: 15 Oct 2014 09:34
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8952

Actions (login required)

View Item View Item