UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODEEKSPOSITORI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 05 KELAM TENGAH

Susanto, Dodi and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI PENERAPAN METODEEKSPOSITORI DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN 05 KELAM TENGAH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-dod-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-dod-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode ekspositori dan media gambar pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN 05 Kelam Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, setiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 05 Kelam Tengah. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar tes tertulis. Data observasi dianalisis dengan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor, dan kisaran nilai tiap kriteria sedangkan data tes dianalisis dengan menggunakan rumus rata-rata nilai, dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah: 1) meningkatkan aktivitas pembelajaran, (a) aktivitas guru siklus I mendapatkan skor 40,5 termasuk kategori “cukup”, pada siklus II mendapatkan skor 47 termasuk kategori “Baik”. (b) aktivitas siswa siklus I mendapatkan skor 40,5 dengan kategori “cukup”. Pada siklus II meningkat menjadi 46 dengan kategori “baik’. 2) meningkatkan hasil belajar siswa. a) nilai rata-rata pada siklus I sebesar 72,13 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 75%, mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata- rata 83,75 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 97,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ekspositori dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 05 Kelam Tengah. Dalam penerapan metode ekspositori dan media gambar hendaknya guru memberikan perhatian yang merata kepada siswa dan menanamkan sikap ketergantungan positif dengan sesame anggota kelompok pada saat diskusi sehingga siswa biasa bekerja sama dengan baik, saling menghargai, dan bertanggung jawab

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 10:38
Last Modified: 15 Oct 2014 10:38
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item