HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PKn DENGAN PERILAKU SANTUN TERHADAP GURU PADA SISWA KELAS V DAN VI SDN 118 BENGKULU SELATAN

Redah, Elpa and Hambali, Daimun and Dadi, Sri (2014) HUBUNGAN ANTARA HASIL BELAJAR PKn DENGAN PERILAKU SANTUN TERHADAP GURU PADA SISWA KELAS V DAN VI SDN 118 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-elv-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-elv-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB) | Preview

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantarahasilbelajarPKndenganperilak usantunterhadap guru padasiswakelas V dan VI SDN 118 Bengkulu Selatan yang berjumlah 40 siswa terdiri dari 20 siswa kelas V dan 20 siswa kelas VI. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankorelasional. Instrument penelitianberupaangketperilaku santun terhadap guru.Teknikpengumpulan data melaluidokumentasi nilai formatif bulan Oktober mata pelajaran PKn semester I tahun 2013 dan angketperilakusantunterhadap guru.Teknikanalisisdata untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik korelasi Product Moment. Hasil dari uji validitas angket perilaku santun terhadap guru diperoleh 33 item instrumen yang dinyatakan valid dari 50 item instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh r11 sebesar 0,86535688. Hasil hipotesis, terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar PKn dengan perilaku santun terhadap guru pada siswa kelas V dan VI SDN 118 Bengkulu Selatan. Diperoleh rhitung sebesar 0,922 lebih besar dari rtabel= 0,312, n = 40 dan perilaku santun siswa memberikan sumbangan sebesar 85% terhadap hasil belajar PKn. Diketahui bahwa nilairhitung ≥ rtabel, maka hipotesis yang diajukan peneliti diterima dengan signifikan (α)=5% thitung≥ttabel (14,717≥2,021) menujukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 10:47
Last Modified: 15 Oct 2014 10:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8975

Actions (login required)

View Item View Item