PENERAPAN PEMBELAJARAAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105 BENGKULU SELATAN

Ismiati, Ismiati and Winarni, Endang Widi and Kustianti, Sri Ken (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAAN KOOPERATIF JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 105 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ism-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-ism-FK.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar Matematika melalui model kooperatif Jigsaw siswa kelas IV SDN 105 Bengkulu Selatan. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tiap siklus terdiri 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 105 Bengkulu Selatan. Intrumen penelitian terdiri lembar observasi guru dan siswa serta lembar tes. Data observasi dianalisis menggunakan rumus rata-rata skor, skor tertinggi, skor terendah, selisih skor dan kisaran nilai. Data tes dianalisis menggunakan rata-rata kelas dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis data aktivitas guru pada siklus I diperoleh skor 31,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 38,5 pada kategori baik. Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh skor 29,5 pada kategori cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 39 pada kategori baik. Hasil tes belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 66,93 dengan ketuntasan belajar 64,51% meningkat pada siklus ke II menjadi 73,87 dengan ketuntasan belajar 93,54%. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan model kooperatif jigsaw dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 105 Bengkulu Selatan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 15 Oct 2014 11:39
Last Modified: 15 Oct 2014 11:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8982

Actions (login required)

View Item View Item