Srihartati, Mini and Rohiat, Rohiat and Djuwita, Puspa (2014) PENERAPAN METODE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SUB POKOK BAHASAN PANCA INDERA MANUSIA DI KELAS IV SD NEGERI 109 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-min-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-min-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penerapan metode Investigation Group untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 109 Bengkulu Selatan. Yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 109 Bengkulu Selatan. Melalui penelitian ini diharapkan dapat dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa setelah menggunakan pembelajaran dengan metode Investigation Group. Penelitian ini dilakukan kelas IV 109 Bengkulu Selatan dengan jumlah siswa 31 orang. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini, yaitu : (1) meningkatnya aktivitas belajar : (a) aktivitas guru siklus I diperoleh nilai sebesar 4,5 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 52,5 dengan kategori baik, (b) aktivitas siswa siklus I diperoleh 35,5 dengan kategori cukup, siklus II meningkat menjadi 42,5 dengan kategori baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode group investigation dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar. Ini dapat dilihat dari hasil penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa 68,61 dengan ketuntasan klasilkal 83,87 % pada dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 73,35 dengan ketuntasan klasikal mencapai 96,77%. Jadi setiap terjadi perlakuan tindakan terdapat penambahan peningkatan hasil belajar siswa. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran dengan metode Investigation Group dalam meningkatkan kemampuan belajar IPA siswa kelas IV SDN 109 Bengkulu Selatan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 12:13 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 12:13 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8987 |
Actions (login required)
View Item |