Remon, Zulliadi and Irdam , Idrus and Hasnawati, Hasnawati (2014) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 121 ULU MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-rem-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-rem-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 121 Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan melalui penerapan Model Inkuiri Terbimbing dan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus,dimana setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini pada siklus I pengamatan terhadap aktivitas siswa skor = 20 dengan kategori cukup , meningkat pada siklus II menjadi 29 dengan kategori baik, pengamatan terhadap aktivitas guru skor = 24 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 30 dengan kategori baik, hasil belajar siswa nilai rata-rata 77,3, dengan ketuntasan belajar 53,3 %. Meningkat pada siklus II nilai rata-rata 88 dengan ketuntasan 86,6 %. berdasarkan hasil penelitian tersebut dengan penerapan model inkuri terbimbing dapat meningkatkan keaktivan siswa dan guru serta hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 121 Ulu Manna Kabupaten Bengkulu Selatan
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 15 Oct 2014 14:11 |
Last Modified: | 15 Oct 2014 14:11 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8992 |
Actions (login required)
View Item |