Dahniarti, Zemi and Karjiyati, Victoria and Dalifa, Dalifa (2014) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DI KELAS V SD NEGERI 111 BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-zem-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (19MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-zem-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (19MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas V SD Negeri 111 Bengkulu Selatan dengan Menggunakan Penerapan Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan,pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa. Instumen digunakan lembar observasi guru, siswa dan Tes. Data tes dianalisis dengan menggunakan rata-rata nilai dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data menujukan pada siklus I hasil observasi guru sebesar 29 kriteria cukup meningkat pada siklus II sebesar 34,5 kategori baik, hasil observasi siswa pada siklus I sebesar 28,5 kriteria cukup meningkat menjadi 33,5 kriteria baik. Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan rata-rata 60,33 ketuntasan belajar klasikal 53,33% meningkat pada siklus II menjadi 70 ketuntasan belajar klasikal 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 111 Bengkulu Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 16 Oct 2014 09:58 |
Last Modified: | 16 Oct 2014 09:58 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9006 |
Actions (login required)
View Item |