Rosmali, Toni and Arwin, Arwin and Yarmani, Yarmani (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SPRINT 60 METER DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 40 KABUPATEN SELUMA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ton.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (217kB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ton.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (642kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar Sprint 60 meter melalui penerapan metode tutor sebaya pada siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma, dan (2) meningkatkan aktivitas guru dan siswa melalui penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma yang berjumlah 25 orang siswa yang terdiri dari 15 orang Putra dan 10 orang putri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan 2 siklus. Teknik analisis yang digunakan adalah data hasil keterampilan teknik melakukan start, taknik lari, dan gerakan finish pada Sprint 60 meter.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Penjaskes siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma. Rata-rata kelas pada siklus 1 diperoleh sebesar 71,28, kemudian meningkat di siklus ke-2 sebesar 80,2. Siklus pertama diperoleh nilai ketuntasan belajar kelas sebesar 60 %, meningkat di siklus kedua sebesar 88%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Penjaskes dapat meningkatan keterampilan Sprint 60 meter siswa kelas V SDN 40 Kabupaten Seluma.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 20 Oct 2014 14:27 |
Last Modified: | 20 Oct 2014 14:27 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9077 |
Actions (login required)
View Item |