STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PERFORMA MESIN MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SHELL V- POWER DENGAN VARIASI CAMPURAN METANOL TERHADAP VARIASI PUTARAN MESIN

Putra, Januar Adi and Puspawan, Angky and Supardi, Nurul Iman (2014) STUDI EKSPERIMENTAL PERBANDINGAN PERFORMA MESIN MOTOR DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR SHELL V- POWER DENGAN VARIASI CAMPURAN METANOL TERHADAP VARIASI PUTARAN MESIN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-jan-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-jan-FT.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya teknologi dalam bidang transportasi saat ini tentu saja menimbulkan persoalan dalam penggunaan bahan bakar dimana konsumsi bahan bakar akan terus meningkat setiap tahunya,sedangkan sumber energi fosil seperti minyak bumi akan terus berkurang dan habis. Oleh karena itu perlu adanya alternatif lain guna mengurangi jumlah konsumsi bahan bakar yang terus meningkat tersebut salah satunya dengan melakukan penelitian dengan menggunakan bahan bakar Shell V-Power dengan variasi campuran Metanol pada bahan bakar shell V-Power terhadap parameter motor bakar berupa torsi, daya dan konsumsi bahan bakar dengan komposisi campuran Shell V-Power (M0)0% dan Metanol 2%(M2), 4% (M4),6% (M6),dan 8% (M8) penelitian di lakukan pada mesin motor Honda Supra Fit Tahun 2004. dengan variasi putaran roda belakang sebesar 240 rpm,250 rpm, 260rpm, 270 rpm,280 rpm pada reduksi gigi 1 dan 2, dari hasil pengujian bahan bakar Shell V-Power dan campuran Metanol diketahui bahwa torsi mesin m ) tertinggi dihaslikan pada penggunaan bahan bakar campuran methanol 8% (M8) sebesar 8,11 N.m pada putaran mesin 4463,98 rpm, daya (hp) tertinggi dihasilkan oleh penggunaan bahan bakar campuran Metanol 8% (M8) sebesar 8,1 hp pada putaran 8695,41 rpm,konsumsi bahan bakar terbaik dihasilkan (M8) sebesar 0,0844 kg/hp.h pada putaran 8695,41rpm.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Mechanical Engineering
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 29 Oct 2014 15:32
Last Modified: 29 Oct 2014 15:32
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9234

Actions (login required)

View Item View Item