Yuda, Rini Selviana and Aminudin, Achmad and Roeliana, Loesida (2014) EFEKTIVITAS PELAYANAN SURAT IZIN GANGGUAN HINDER ORDONANTIE (HO)(DI BAGIAN ADMINISTRASI PEREKONOMIAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN BENGKULU UTARA). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-rin-FS.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-rin-FS.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (7MB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Efektivitas Pelayanan Surat Izin Gangguan Hinder Ordonantie (HO) di Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara”. Adapun tujuan dari Peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Surat Izin Gangguan Hinder Ordonantie (HO) di Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara pada masa pengurusan surat dari bulan januari-maret tahun 2013 baik surat perpanjangan ataupun baru. Untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan penelitian yang timbul digunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Sasaran penelitian ini sendiri adalah pemilik tempat usaha yang jenis usahanya sesuai dengan ketetapan Perda No. 06 Tahun 2012 Tentang HO dengan menggunakan teknik Purposive Sampling atau Sampel Bertujuan. Dalam penelitian ini mempunyai 4 (empat) aspek penelitian antara lain : 1) Ketepatan sasaran pelayanan, 2) Ketepatan Waktu Pelayanan, 3) Ketepatan Biaya Pelayanan, 4) Ketepatan Mutu Pelayanan. Penelitian ini menujukan bahwa surat izin gangguan tersebut berfungsi sebagai bukti kelegalan terhadap sebuah jenis usaha terhadap peraturan pemerintah dan sebagai pelengkap pendukung dalam memenuhi persyaratan yang suatu saat dibutuhkan oleh pemilik usaha tersebut. Surat izin gangguan ini juga dapat digunakan sebagai bukti penguat apabila nanti suatu saat usaha yang telah ada surat izin gangguan ini di tuntut oleh orang lain ataupun warga sekitar dikarenakan gangguan yang ditimbulkan dari tempat usaha tersebut namun keributan tersebut masih masuk dalam ketetapan yang ditetapkan pemerintah dan tidak melanggar hukum. Walaupun pelayanan yang dilakukan di Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara masih banyak terdapat kekurangan dan harus segera diperbaiki dari segi fasilitas dan promosi namun proses pelayanan yang diberikan masih digolongkan efektif. Dikatakan efektif karena pemilik usaha yang mengurus surat izin gangguan (HO) sudah merasa cukup nyaman dan puas atas pelayanan yang diberikan. Sedangkan bagi pihak Bagian Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Utara merasa terbantu dan mendapatkan kontribusi pendapatan asli daerah dalam sektor Retribusi Izin Gangguan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 11:15 |
Last Modified: | 30 Oct 2014 11:15 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9257 |
Actions (login required)
View Item |