ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (STUDI DESKRIPTIF PELAYANAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS LINGKAR BARAT KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU)

Rahmadeny, Rian and Yasben, Mirza and Suratman, Suratman (2014) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN (STUDI DESKRIPTIF PELAYANAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS LINGKAR BARAT KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-ria-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,VI,LAMP,I-14-ria-FS.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kualitas pelayanan kesehatan (studi deskriptif pelayanan pengobatan di Puskesmas Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu). Sesuai dengan Undang-undang RI No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Yang menetapkan bahwa kesehatan adalah hak fundamental setiap warga, karena itu setiap individu, keluarga dan masyarakat berhak memperoleh perlindungan terhadap kesehatannya, dan negara bertanggung jawab mengatur agar masyarakat terpenuhi hak hidup sehat, termasuk warga miskin yang masih berada diseluruh negara kesatuan Republik Indonesia, tidak terkecuali yang berada didaerah terpencil dan kepulauan terpencil. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan teknis analisis deskriptif. Penentuan sasaran penelitian pada penelititan ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini merupakan pegawai atau karyawan kesehatan yang bekerja di puskesmas tersebut dan beberapa masyarakat yang sedang berobat di puskesmas tersebut. Dari hasil analisis menunjukan bahwa dalam proses pelayanan pengobatan yang dilaksanakan oleh pihak Puskesmas Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, aspek pertama yang digunakan yaitu daya tanggap, yaitu berkaitan dengan bagaimana cara kemampuan dan kesediaan tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan yang cepat dan menanggapi keluhan-keluhan serta permintaan masyarakat yang berobat. Aspek selanjutnya yaitu perhatian, yang diartikan dengan kepedulian dan perhatian tenaga kesehatan terhadap masyarakat yang berobat dalam memberikan pelayanan yang maksimal. Selain daya tanggap dan perhatian, aspek lainnya yaitu tampilan fisik, yang mana berkaitan dengan fasilitas, penampilan para tenaga kesehatan di puskesmas tersebut, dan bentuk atau keadaan hubungan yang personal. Dan aspek yang terakhir yaitu jaminan, yakni berkaitan dengan kebaikan atau sikap sopan santun yang ditunjukan oleh dokter, perawat, dan staff lainnya. Dan juga kemampuan mereka untuk menumbuhkan kepercayaan dan keyakinan pasien dalam memberikan pelayanan pengobatan yang maksimal. Dari hasil penelitian ini dan analisis menunjukan bahwa kualitas pelayanan pengobatan di Puskesmas Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu dalam melaksanakan pelayanan pengobatan terhadap masyarakat yang berobat sudah sangat baik.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 30 Oct 2014 11:29
Last Modified: 30 Oct 2014 11:29
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9259

Actions (login required)

View Item View Item